Padang (ANTARA) - Pembalap Tim Sapura Cycling Muhammad Zamawi Azman jadi yang tercepat pada etape pamungkas Tour de Singkarak (TdS) 2019 yang menempuh jarak 107,3 kilometer dari Pantai Carocok Pesisir Selatan menuju Kota Padang, Minggu.

Ia mencapai finis pertama dengan catatan waktu 02:44:38 sama dengan catatan waktu pembalap Muhammad Nur Aiman Mohd Zariff dari tim yang sama.

Sementara posisi tiga ditempati pembalap Marcelo Felipe dari tim 7Eleven Cliqq Air 21 by Roadbike Philippines juga dengan catatan waktu yang sama.

Baca juga: Etape terakhir TdS 2019 akan jadi "pertarungan" habis-habisan

Baca juga: Pebalap tercepat etape VIII, mengintai di etape IX TdS 2019


Adu kecepatan sengit terjadi pada satu kilometer terakhir. Tiga pembalap yang sebelumnya berhasil melepaskan diri dari rombongan akhirnya terkejar menjelang finis.

Ribuan masyarakat yang memenuhi Danau Cimpago, lokasi finis, mendapatkan tontonan menarik adu cepat rombongan besar saat melintasi garis finis.

Itu adalah finis. rombongan terbanyak dari etape I hingga etape pamungkas di Padang.

Etape kali ini memiliki lintasan yang sangat memukau yaitu Kawasan Wisata Mandeh yang menjadi salah satu ikon wisata paling banyak dikunjungi di Sumbar dua tahun terakhir.

Lintasan itu baru pertama kali masuk sebagai salah satu etape dalam Tour de Singkarak. Namun diperkirakan akan menjadi lintasan wajib pada gelaran-gelaran selanjutnya.

Baca juga: Kawasan Mandeh jadi ikon baru Tour de Singkarak 2019

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019