LL Dikti Wilayah X kenalkan tempat wisata di Sumbar ke delegasi MCUT

id Berita Padang,LL Dikti Wilayah X

Kepala LL Dikti Wilayah X Prof Herri. (ANTARA/HO)

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah X mengenalkan kebudayaan Minangkabau dan beberapa tempat pariwisata yang ada di Sumatera Barat kepada para delegasi Ming Chi University of Technology (MCUT) dari Taiwan.

"Tujuan utama kedatangan perwakilan MCUT ke Sumbar untuk memperkuat kerja sama yang sudah pernah dijalin sebelumnya dengan LL Dikti Wilayah X dan perguruan tinggi swasta (PTS)," kata Kepala LL Dikti Wilayah X Prof Herri di Padang, Rabu.

Selain itu, setelah diadakan pertemuan para delegasi MCUT dari Taiwan akan dikenalkan tentang kebudayaan di Minangkabau dan mengunjungi beberapa tempat wisata di Sumbar seperti Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) di Kota Padang Panjang dan Lobang Jepang di Bukittinggi.

Baca juga: LL Dikti wilayah X dukung urusan perguruan tinggi di bawah Kemendikbud

Presiden Ming-Chi University of Technology Thua Hua Lia berterimakasih atas sambutan dan keramahan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Sumbar.

Menurutnya terdapat kesamaan antara kebudayaan Minangkabau dengan salah satu wilayah di China yaitu tentang penerapan sistem kekerabatan yang menggunakan sistem matrilineal dan kesamaan terhadap pembagian harta waris.

Dalam kunjungan tersebut delegasi MCUT didampingi oleh Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi LL Dikti Wilayah X yakni Jamurin, Kepala Sub Bagian Sistim Informasi dan Kerja sama LL Dikti Wilayah X Sirjon, dan Wakil Direktur I Politeknik Negeri Padang Dr Revalin Herdianto.

Kunjungan Delegasi MCUT ke PDIKM Kota Padang Panjang disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang yakni Sonny Budaya Putra serta sejumlah pejabat Pemerintah Kota Padang Panjang.

“Kami mengapresiasi kedatangan delegasi MCUT, ini merupakan kesempatan berharga untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan objek wisata di Padang Panjang,” ujar Sonny.

Delegasi MCUT diberikan penjelasan tentang struktur dan fungsi rumah gadang serta adat istiadat Minangkabau yang dijelaskan oleh seorang pemandu dan diterjemahkan ke bahasa Inggris oleh Staf Kerja sama LL Dikti Wilayah X.

Kunjungan dilanjutkan ke Lobang Jepang di Bukittinggi. Delegasi MCUT mendengarkan sejarah tentang pembuatan lobang jepang yang dilakukan oleh tenaga kerja paksa Romusha dari salah seorang pemandu wisata.

Selanjutnya, delegasi MCUT melakukan kunjungan ke Institut Kesehatan Prima Nusantara di Bukittinggi pada kesempatan tersebut, delegasi MCUT melakukan audiensi sekaligus penjajakan kerja sama dengan Rektor Institut Kesehatan Prima Nusantara Dr Evi Susanti.

Baca juga: PTS di Papua dan Papua Barat masih kekurangan 700 dosen
Baca juga: LL Dikti Wilayah X rekomendasikan UIR buka program doktor hukum
Baca juga: LL Dikti wilayah X-UTHOM kerja sama tingkatkan kualitas PTS

Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar