Jakarta (ANTARA) - PT Karya Citra Nusantara (KCN) menyiapkan 50 beasiswa untuk para taruna/taruni berprestasi di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) sebagai upaya untuk mendukung peningkatan SDM unggul terutama di sektor kelautan dan kemaritiman.

Pemberian beasiswa tersebut merupakan bagian dari kerja sama antara PT KCN dan STIP. Kerja sama dimulai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur Utama PT KCN Widodo Setiadi dan Ketua STIP Jakarta Capt. Marihot Simanjuntak di STIP Marunda Jakarta, Jumat.

"Kami juga akan mengadakan program CSR kami, yaitu mengadakan beasiswa. Untuk tahap pertama 50 orang dimulai tahun ini. Meskipun tahun ajaran sudah berjalan, kami tetap kejar," kata Widodo di Jakarta, Jumat.

Widodo menjelaskan program pemberian beasiswa ini pada tahap awal akan diprioritaskan terhadap taruna yang berasal dari kawasan Marunda dan Cilincing. Kemudian, pada tahap selanjutnya, program ini rencananya akan dibuka secara nasional.

Menurut Widodo, peningkatan SDM juga menjadi salah satu upaya perusahaan untuk mendatangkan investor. Hal itu karena SDM lulusan STIP dinilai sudah memenuhi kebutuhan industri kelautan.

Dalam pelaksanaan program ini, PT KCN mengalokasikan anggaran dari dana CSR, yakni sebesar 5 persen dari laba bersih perusahaan.

"Yang bisa kami anggarkan sekitar 5 persen dari pendapatan bersih, atau profit kami. Berapa persennya untuk beasiswa kami masih hitung, tetapi kami fleksibel sebetulnya," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua STIP Jakarta Capt. Marihot mengapresiasi komitmen PT KCN, terutama dalam memberikan beasiswa kepada taruna/taruni terbaik.

"Dengan pola CSR ini, kami akan tuangkan dalam kerja sama KCN dan STIP. Setelah tamat nanti kita akan mendatangi PT KCN supaya ada seleksi dan bisa 'join' di perusahaan yang sudah punya industri maritim ini," kata Marihot.


Baca juga: KCN siap kejar target pendapatan dan laba bersih lebih baik pada 2020
Baca juga: Usai menang kasasi, KCN akan lakukan "independent appraisal"
Baca juga: KCN dan STIP kerja sama tingkatkan kompetensi SDM kemaritiman

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2019