Malaysia ucapkan selamat ke Hongkong

id pemilu Hong Kong,pemilihan Hong Kong,demokrat Hong Kong

Seorang anggota dewan distrik pro-demokrasi yang terpilih menyapa pengunjuk rasa pro-demokrasi di luar Polytechnic University (PolyU) di Hong Kong, China, Senin (25/11/2019). REUTERS/Leah Millis/pd/cfo (REUTERS/LEAH MILLIS)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Pemerintah Malaysia menyampaikan ucapan selamat kepada pemerintah dan rakyat Hongkong atas keberhasilan Pemilu di negara tersebut pada 24 Nopember 2019.

"Saya mengucapkan selamat kepada Pemerintah dan rakyat Daerah Administratif Khusus Hong Kong, Republik Rakyat China, atas keberhasilan penyelenggaraan Pemilihan Dewan Distrik pada 24 November," ujar Menlu Malaysia, Dato Syaifuddin Abdullah, Selasa.

Melalui akun twitter dia mengharapkan bahwa Pemilihan Dewan Distrik, yang mendapat tingkat partisipasi yang relatif tinggi yaitu 71,2 persen dan partisipasi yang signifikan dari kaum muda akan membuka jalan menuju resolusi damai dari masyarakat dalam situasi saat ini di Hong Kong.

Sesuai dengan Undang-Undang Dasar Hong Kong dan "Sistem Satu Negara Dua Sistem" serta dalam semangat demokrasi dan aspirasi rakyat Hong Kong.

Sementara itu pemerintah Inggris mengatakan pihaknya menyambut janji Pemimpin Eksekutif Hong Kong Carrie Lam untuk "merenung secara serius" setelah demokrat di kota itu meraih suara mayoritas dalam pemilihan dewan daerah.

"Kami tidak ingin melihat kekerasan lagi. Cukup meyakinkan mendengar Carrie Lam berkomitmen untuk merenungkan secara serius pesan yang disampaikan oleh rakyat Hong Kong," kata Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab melalui pernyataan.

"Saya menyambut pemerintah Hong Kong yang telah memfasilitasi pemilihan ini, yang merupakan peluang emas bagi rakyat Hong Kong untuk membuat suara mereka didengar," tambahnya.

Baca juga: Pemimpin Hong Kong makin tertekan setelah demokrat menangi pemilihan
Baca juga: Jumlah pemilih Hong Kong catat rekor
Baca juga: Hindari bentrokan, para pemilih Hong Kong antre lebih pagi di TPS

Pewarta : Agus Setiawan
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar