Keuntungan membeli ETF adalah investor dapat berinvestasi secara instan
Jakarta (ANTARA) - PT Ciptadana Asset Management menerbitkan produk Exchange Traded Fund (ETF) dengan nama Reksa Dana Indeks CIPTA ETF INDEX LQ45 dengan kode efek XCLQ , Rabu, dengan nilai aktiva bersih Rp100 dan menggunakan indeks LQ45 sebagai acuan.

“Dengan diterbitkannya produk investasi ETF ini di penghujung tahun 2019, Ciptadana Asset Management membuktikan komitmen dalam mendukung perkembangan dan pertumbuhan pasar modal Indonesia dengan produk-produk yang inovatif dan dapat menjadi pilihan investasi yang baik bagi investor," ujar Direktur Utama Ciptadana Asset Management Paula Rianty Komarudin di Gedung BEI, Jakarta, Rabu

ETF adalah reksa dana berbentuk kontrak investasi kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di bursa efek.

Meskipun ETF pada dasarnya adalah reksa dana, produk tersebut diperdagangkan seperti layaknya saham-saham yang ada di bursa efek.

ETF merupakan penggabungan antara unsur reksa dana dalam hal pengelolaan dana dengan mekanisme saham dalam hal transaksi jual maupun belinya.

"Keuntungan membeli ETF adalah investor dapat berinvestasi secara instan, melakukan diversifikasi pada instrumen investasi yang likuid serta transparan. Untuk LQ45, investor juga mudah memantaunya, karena informasi mengenai index LQ45 bisa dilihat secara online” ujar Paula.

Untuk kemudahan bertransaksi bagi investor produk ETF ini, Ciptadana menggandeng Indo Premier Sekuritas sebagai Dealer Partisipan.

Paula menambahkan, sebagai upaya untuk turut memajukan pasar modal Indonesia, Ciptadana akan terus menerbitkan beragam produk investasi termasuk produk ETF lainnya serta dalam proses menerbitkan produk Efek Beragun Aset (EBA) pada 2020 mendatang.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019