Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua memberikan apresiasi kepada masyarakat setempat karena terciptanya situasi dan kondisi Bumi Cenderawasih yang kondusif menjelang dan pasca 1 Desember 2019 yang bertepatan HUT OPM.

Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM Setda Provinsi Papua Doren Wakerkwa kepada Antara di Jayapura, Senin, mengatakan pihaknya mengapreasi seluruh masyarakat tidak terprovokasi dengan isu-isu yang tidak bertanggungjawab.

Baca juga: Ke Papua jelang HUT OPM, Mahfud: Kunjungan biasa

"Kami mengapresiasi masyarakat, TNI, Polri, tokoh agama, adat, perempuan, pemuda dan lain sebagainya yang dapat menjaga situasi serta kondisi Papua dengan baik," katanya.

Menurut Doren, 1 Desember 2019 yang jatuh pada Hari Minggu digunakan sebagian besar masyarakat untuk beribadah seperti biasa di gereja.

Baca juga: Polda Papua kerahkan 1.300 personil jelang HUT OPM

"Karena inilah tidak ada kejadian-kejadian atau masalah-masalah yang terjadi sehingga kami sangat mengapresiasi hal tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan kondusifnya Papua ini juga karena dukungan semua pihak yang menginginkan kedamaian di Bumi Cenderawasih.

Baca juga: HUT OPM 1 Desember, Polda Papua waspadai keamanan di empat kota

"Apalagi memasuki Desember sebagai bulan Natal, sebaiknya dijalani sebagaimana mestinya," katanya lagi.

Sebelumnya, Kepolisian Resor Jayapura mengamankan 34 warga yang diduga akan melakukan kegiatan terkait HUT OPM pada 1 Desember.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019