Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar mengajak warga menyukseskan upaya mewujudkan Tiga Nol yang meliputi nol infeksi HIV, nol kematian akibat HIV/AIDS, dan nol diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS pada upacara peringatan Hari AIDS sedunia di halaman Kantor Wali Kota pada Senin. 

"Upaya pemerintah saat ini bersama seluruh elemen masyarakat membantu mencegah penularan HIV/AIDS di Indonesia dengan mengajak menyukseskan Three Zero atau Tiga Nol yakni zero infection (nol infeksi), zero death (nol kematian), dan zero discrimination (nol diskriminasi)," kata Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb.

Wali Kota menandai peringatan Hari AIDS Sedunia dengan memberikan pin ke konselor HIV, kepala puskesmas, dan pemerhati HIV/AIDS.

Ia mengatakan bahwa peran serta seluruh elemen masyarakat dalam upaya menanggulangi HIV/AIDS sangat penting, demikian pula peningkatan pengetahuan warga mengenai penularan infeksi virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia itu.

"Ini sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat," katanya.

Selain meningkatkan pengetahuan dan kesadaran warga mengenai penularan HIV/AIDS dan upaya pencegahannya, ia menjelaskan, pemerintah menjalankan program intervensi lain seperti peningkatan penemuan kasus dan cakupan pengobatan bagi orang dengan HIV/AIDS.

Dengan berbagai upaya yang sudah dan akan dijalankan, Iqbal mengatakan, pemerintah menargetkan tidak ada lagi kasus baru HIV/AIDS di Indonesia pada 2030. 

Iqbal juga mengemukakan pentingnya memerangi diskriminasi terhadap Orang dengan HIV/AIDS. "Tugas kita bersama masyarakat menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat," katanya.

Selain itu, Iqbal memerintahkan Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan HIV pada seluruh pegawai Pemerintah Kota Makassar.

Baca juga:
Kasus HIV/AIDS di Bali bertambah 100 sampai 120 tiap bulan
Elton John serukan dukungan bagi penyitas pada Hari AIDS

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019