Dalam sepekan terakhir ini, IAR Indonesia dan BKSDA Kalbar, Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Ketapang, telah menyelamatkan dua orangutan di Ketapang
Pontianak (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat dan International Animal Rescue (IAR) Indonesia telah menyelamatkan sebanyak sembilan orangutan  yang terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla)  tahun 2019 di Kabupaten Ketapang, Kalbar.

"Sejak kebakaran yang diawali Juli 2019, IAR Indonesia telah menyelamatkan sembilan orangutan dari kawasan hutan yang terbakar," kata Manajer Lapangan IAR Indonesia Argitoe Ranting dalam keterangan tertulis yang diterima di Pontianak, Selasa.

Kemudian, menurut dia, sepanjang tahun 2015 pihaknya menyelamatkan 44 orangutan dari habitatnya yang hancur dalam beberapa bulan bahkan setelah kebakaran hutan mereda.

Dalam sepekan terakhir ini, IAR Indonesia dan BKSDA Kalbar, Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Ketapang, telah menyelamatkan dua orangutan di Ketapang, satu jantan dan betina dewasa yang diselamatkan dari Desa Sungai Besar dua hari setelahnya.

"Orangutan betina ini sangat kurus, karena telah menderita kelaparan selama berbulan-bulan sejak habitatnya terbakar, kami juga menduga dia kehilangan bayinya karena orangutan ini masih mengeluarkan air susu, mungkin bayinya mati karena kekurangan nutrisi. Jika kami tidak segera menyelamatkannya, mungkin dia sudah mati sekarang,” katanya.

Orangutan betina itu, kata dia,langsung dilepaskan di hutan Sentap Kancang tidak jauh dari tempat dia diselamatkan, sementara orangutan satunya lagi saat ini masih menjalani pemeriksaan dan perawatan oleh tim medis IAR Indonesia yang bekerja keras untuk memastikan dia kembali pulih dan bisa dipulangkan ke habitat aslinya sesegera mungkin.

Sementara itu, Direktur Program IAR Indonesia, Karmele L Sanchez mengatakan, kathutla adalah ancaman terbesar bagi orangutan saat ini.

Baca juga: BKSDA-IAR Indonesia selamatkan satu orangutan korban kebakaran

Baca juga: BKSDA Kalbar-IAR Indonesia selamatkan dua orangutan dilokasi karhutla

Baca juga: Bayi orang utan di Ketapang diselamatkan

Pewarta: Andilala
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019