Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo rencananya akan meresmikan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 ruas Kunciran-Serpong pada Jumat (6/12) siang ini.

"Kami infokan pada Jumat (6/12) akan diresmikan Tol JORR 2 Kunciran - Serpong oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo," ujar Humas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Jumat.

Tol Kunciran - Serpong merupakan salah satu ruas dari enam ruas tol yang menjadi bagian proyek JORR II, di mana tol Kunciran-Serpong memiliki panjang hingga 11,19 Km.

Menurut data dari Kementerian PUPR, pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II sepanjang 109,57 kilometer yang melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok ini diharapkan dapat mengurangi beban Tol JORR I yang sudah semakin padat.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan tol Kunciran-Serpong siap untuk diresmikan Presiden Joko Widodo.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan saat ini untuk uji layak fungsi atau ULF tol Kunciran-Serpong sudah dilakukan, dan tinggal menunggu sertifikat layak operasi dari Direktur Jenderal Bina Marga.

Tol Kunciran-Serpong, lanjutnya, merupakan salah satu dari sejumlah proyek Tol yang akan diresmikan pada akhir tahun ini seperti tol layang Jakarta-Cikampek, Tol Balikpapan-Samarinda, Tol Manado-Bitung seksi I dan II, dan Tol Pekanbaru seksi I dari Pekanbaru ke Minas.

Kementerian PUPR secara bertahap menyelesaikan pembangunan jalan tol yang ditargetkan sepanjang 1.852 kilometer dalam periode 2015-2019 sehingga akan meningkatkan konektivitas antar wilayah dan efisiensi biaya logistik di Indonesia.

Hingga Mei 2019, jalan tol yang telah dioperasikan sepanjang 949 kilometer dan akan bertambah 406,14 kilometer dengan beroperasinya sembilan ruas tol secara bertahap hingga akhir tahun 2019.

Baca juga: Astra Infra harapkan pembangunan Tol Kunciran-Serpong tuntas 2019
Baca juga: AP II minta akses khusus kargo di Tol Kunciran-Cengkareng

Pewarta: Aji Cakti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019