Singapura (ANTARA) - Facebook mengungkapkan bahwa pengguna aktif platform media sosialnya terus meningkat, terutama di kawasan Asia Pasifik.

"Terdapat lebih dari satu miliar pengguna aktif Facebook berasal dari Asia Pasifik," ujar Dan Neary selaku Wakil Presiden Facebook wilayah Asia Pasifik, dalam kegiatan Facebook APAC Press Day di Singapura, Senin (9/12).

Menurut dia, angka tersebut jauh lebih banyak daripada jumlah gabungan pengguna yang berasal dari wilayah Eropa dan Amerika Utara.

Dan mengatakan bahwa jumlah pengguna Facebook di kawasan Asia Pasifik meningkat 10 persen dari tahun ke tahun.

"Lebih dari 61 persen pengguna baru di kawasan Asia Pasifik ini mengakses dengan menggunakan perangkat seluler," kata Dan Neary.

Selain itu, Dan juga mengungkapkan bahwa Facebook mengantisipasi perubahan tren yang akan terjadi di masa depan. Menurut dia, melihat dari kecenderungan yang akan datang para pengguna lebih suka menonton konten-konten atau video pendek.

"54 persen pemirsa video digital berasal dari kawasan Asia Pasifik," ungkapnya.

Facebook juga terus berupaya meningkatkan keamanan dan privasi daring, yang mencakup melindungi pengguna dari perundungan siber, penipuan, atau pesan negatif.

Dan Neary menambahkan, Facebook juga telah mengembangkan beberapa mekanisme keamanan, seperti artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk mendeteksi pesan negatif dari pengguna untuk pencegahan bunuh diri.

Mekanisme AI tersebut juga diklaim telah mengidentifikasi lebih dari 95 persen kasus potensial bunuh diri.

Baca juga: Facebook tekankan komitmen dukung pengembangan UMKM

Baca juga: Facebook hapus miliaran akun palsu dan konten terkait terorisme

Baca juga: Facebook sekarang bisa transfer gambar ke Google Photos

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2019