Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.000 rumah di Pariaman, Sumatera Barat, akan mendapatkan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) untuk renovasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat guna memperingati Hari Nusantara 2019 yang jatuh setiap 13 Desember.

Tahun ini, peringatan Hari Nusantara akan digelar di Pariaman, Sumatera Barat, di mana acara puncak akan digelar di Pantai Gandoriah pada Sabtu (14/12).

"Dalam rangka Hari Nusantara kita akan membantu di Pariaman itu 1.000 unit. Khusus nelayan, bantuannya untuk yang terkena abrasi," kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam diskusi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kementerian PUPR bedah 11.327 rumah di Sumbar pada 2018

Khalawi menjelaskan skema bantuan yang diberikan yakni berupa BSPS di mana pemerintah memberikan stimulan dana bantuan sebesar Rp17,5 juta untuk peningkatan kualitas hunian.

Ada pula bantuan pembangunan hunian baru berupa rumah khusus, yakni hunian tipe 36 yang dibangun di atas lahan yang telah disiapkan pemerintah daerah.

"Tapi kalau rumah khusus itu tidak jadi hak milik, cuma sewa saja kepada Pemda yang mengelola. Sementara rumah swadaya untuk bantu masyarakat langsung diberikan melalui stimulan renovasi," jelasnya.

Baca juga: Pemerintah bedah ribuan rumah tidak layak huni di Jambi dan Papua

Hari Nusantara Nasional menjadi momentum peringatan atas Deklarasi Djuanda pada 13 Desember 1957 silam. Deklarasi itu membuat Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat.

Mengangkat tema "Nusantaraku Berdaulat, Indonesiaku Maju", peringatan Hari Nusantara dimulai 7-8 Desember 2019 dengan Mancing Maniak di Perairan Padang dan Pariaman, dilanjutkan dengan Maraton 5K dan 10K di Pantai Kata Pariaman serta Nusantara Expo di Pantai Gandoriah.

Ada pula Hiburan Rakyat Nusantara di Pantai Gandoriah, bakti sosial, Gala Dinner Nusantara hingga Gandang Tasa Kreasi di Pantai Gandoriah 14 Desember 2019 sebagai puncak Hari Nusantara.

Baca juga: Persiapan Pariaman untuk lokasi Hari Nusantara sudah 50 persen
Baca juga: Pariaman jadi tuan rumah peringatan Hari Nusantara Nasional 2019

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019