Diplomat China: Perjanjian perdagangan China-AS kabar baik bagi semua

id China AS,Perjanjian dagang

Dokumen Foto: Menteri Luar Negeri China Wang Yi berbicara saat menjadi tuan rumah makan siang dengan rekan-rekannya dari lima anggota tetap yang memegang hak veto Dewan Keamanan AS di New York, AS, 26 September 2019. REUTERS/Yana Paskova

Ljubljana (ANTARA) - Perjanjian dagang "fase satu" China dan Amerika Serikat merupakan kabar baik bagi semua dan akan "memberikan stabilitas dalam perdagangan global", kata Wang Yi, diplomat tinggi pemerintah China dalam lawatan ke Slovenia pada Sabtu (14/12).

Namun, kata dia, masih banyak isu yang perlu diselesaikan oleh kedua pihak.

Awal pekan ini, Washington dan Beijing menyepakati istilah "perjanjian dagang "fase satu" yang mengurangi sejumlah tarif AS atas barang-barang China, sementara mendorong pembelian energi, hasil peternakan dan barang-barang lain Amerika oleh China.

Menurut Wang, yang berbicara dalam bahasa China, perjanjian itu "akan membantu menstabilkan kepercayaan dalam perekonomian dunia".

"China tak pernah yakin bahwa beralih ke kenaikan tarif adalah cara yang tepat ... karena tak ada pemenang dalam perang dagang." katanya, menambahkan negaranya menentang proteksionisme.

Sumber: Reuters

Baca juga: Jelang teken kesepakatan dagang, Xi dan Trump terus berkomunikasi

Baca juga: China ingin ikut tandatangani Perjanjian Dagang Senjata Internasional


Pewarta : Mohamad Anthoni
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar