Jalur kereta api Ciranjang-Cipatat segera beroperasi

id cianjur, kereta api cianjur,ka siliwangi, pt kai

Petugas dari PT KAI melakukan sosialisasi kepada warga di sepanjang Jalur KA Ciranjang-Cipatat yang akan kembali beroperasi awal tahun, agar warga di sepanjang jalur tersebut berhati-hati dan waspada karena selama beberapa tahun terakhir kereta tidak melintas. ANTARA/Ahmad Fikri

Cianjur (ANTARA) - PT KAI Daop II Bandung, segera mengoperasikan jalur kereta api Cipatat-Ciranjang, Cianjur, Jawa Barat, dengan langkah awal melakukan sosialisasi reaktivasi pada warga di sepanjang jalur tersebut.

"Jalur Cianjur-Ciranjang-Cipatat, sudah lama tidak dilalui kereta api, sehingga saat pengoperasian kembali jalur sepanjang 15 kilometer itu, diketahui warga disepanjang jalur," kata Humas Teknik Perkeretaapian Wilayah Jabar, Anne Rufaidah saat dihubungi Senin.

Ia menjelaskan, jalur Ciranjang-Cipatat sejak beberapa tahun terakhir tidak lagi dilalui kereta api karena berbagai faktor salah satunya rawan bencana alam seperti longsor.

"Masyarakat di sepanjang jalur Ciranjang-Cipatat sangat antusias, dengan program pengaktifan kembali jalur kereta api tersebut," katanya.

Selama ini, ungkap dia, warga berharap alat transportasi masal tersebut kembali melintas di wilayah mereka, sebagai solusi kemacetan yang kerap terjadi di sepanjang jalur utama Cianjur-Bandung.

"Jalur tersebut nantinya akan dilayani KA Siliwangi jurusan Sukabumi-Cianjur-Ciranjang-Cipatat, dengan penambahan gerbong sebanyak dua buah yang asalnya hanya lima," katanya.

Sedangkan tiket yang akan dikenakan untuk perjalan hingga Cipatat masih dalam pembahasan, namun pihaknya berharap dengan diaktifkannya kembali jalur Ciranjang-Cipatat, dapat mengurangi kepadatan arus lalulintas di Jalan Raya Bandung-Cianjur.

Baca juga: Di jalur Sukabumi-Cianjur-Ciranjang ada 62 perlintasan KA tidak resmi

Baca juga: Rute KA Siliwangi diperpanjang hingga Ciranjang-Cianjur-Sukabumi


 

Pewarta : Ahmad Fikri
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar