Jika nantinya ditemukan pedagang kaki lima yang nekat untuk berjualan pihaknya akan menertibkan dagangannya
Jakarta (ANTARA) - Meski sebagian pedagang kaki lima (PKL) Senen telah pindah ke Pasar Metro Atom Pasar Baru, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan tetap berjaga untuk menjaga keamanan trotoar di kawasan Senen Raya.

"Kita masih akan lakukan penjagaan ditempat itu meski dikurangi di hari Minggu nanti. Tapi tetap dilakukan penjagaan," kata Irwandi saat ditemui dalam acara pemindahan PKL Senen ke Pasar Baru, Kamis.

Penjagaan Satpol PP di kawasan trotoar Senen dilakukan agar para pedagang kaki lima yang menolak untuk relokasi ke Metro Atom Pasar Baru tidak lagi berjualan di fasilitas umum yang saat ini sedang ditata untuk pembangunan terowongan (underpass) Senen yang diperkirakan rampung pada 2021.

"Sebelum para pedagang jualan biasanya jam 14.00 WIB siang, Satpol PP udah menutup akses dagang mereka dari jam 10 pagi," kata Irwandi menjelaskan taktik penjagaan kawasan Senen dari PKL nakal.

Irwandi mengatakan jika nantinya ditemukan pedagang kaki lima yang nekat untuk berjualan pihaknya akan menertibkan dagangan PKL nakal itu.

"Kalau masih ada yang membandel. Udah kita himbau segala macam. Masih bandel jualan ya kita tertibkan, " kata Irwandi.

Baca juga: Sah! PKL Pasar Senen pindah ke Metro Atom Pasar Baru

Baca juga: PKL Senen direlokasi ke Pasar Baru pada Kamis

Baca juga: 38 PKL Senen mendaftar untuk relokasi ke Pasar Baru


Kasatpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan membenarkan pernyataan Irwandi terkait penjagaan trotoar Senen.

"Iya ini memang sudah ada yang pindah, tapi penjagaan ya sampai titik akhir hayat kalau perlu kita tungguin, sampai benar- benar steril PKL," kata Bernard.

Saat ini total sudah ada 68 pedagang Senen yang berjualan di tempat relokasi baru mereka yaitu Pasar Metro Atom Pasar Baru lantai 4.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Pusat melarang PKL Senen untuk berjualan di fasilitas umum pejakan kaki sejak awal Desember 2019.

Hal ini dilakukan untuk menata daerah Senen yang mengalami pembangunan underpass, yang ditargetkan rampung pada 2021 dan menjadi citra baru kawasan Senen aman serta nyaman bagi seluruh warga Ibu Kota.
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019