Sydney (ANTARA) - Beberapa jalan di luar Sydney ditutup dan pihak berwenang meminta orang-orang untuk menunda perjalanan, pada awal apa yang biasanya merupakan masa liburan Natal yang sibuk, memperingatkan akan sulitnya kebakaran karena angin hingga 70 kilometer per jam (44 mph) diperkirakan mengipasi api.

"Kondisi kebakaran katastropik seburuk yang terjadi," kata Komisaris Layanan Kebakaran Pedesaan NSW Shane Fitzsimmons kepada wartawan.

"Ini kondisi yang paling buruk. Mengingat kita memiliki lanskap dengan begitu banyak pembakaran api aktif, Anda memiliki resep untuk masalah yang sangat serius dan hari yang sangat berbahaya."

Baca juga: Negara bagian NSW Australia nyatakan keadaan darurat kebakaran hutan

Sydney yang lebih besar dan dua daerah sekitarnya dinilai sebagai bencana besar untuk hari Sabtu, dan daerah lainnya berada pada peringkat bahaya kebakaran yang ekstrem atau sangat tinggi.

Suhu udara di atas 40 derajat Celsius (104 F) dan tiupan angin yang kencang menciptakan kondisi "bencana besar" pada Sabtu manakala petugas pemadam kebakaran berjuang untuk mengatasi lebih dari 100 kebakaran yang menghanguskan kawasan di negara bagian New South Wales.
Sementara itu sesosok mayat ditemukan di Australia Selatan di kawasan kebakaran

Hampir 10.000 personel darurat akan bekerja di NSW pada hari Sabtu. Menteri Kepolisian dan Layanan Darurat negara bagian David Elliott menggambarkannya sebagai kemungkinan penugasan darurat terbesar yang pernah terjadi di NSW.

"Mereka ada di sana, empat hari sebelum Natal, untuk menjaga keamanan keluarga," kata Elliott kepada media.

Baca juga: Australia siap hadapi kebakaran lagi terkait prakiraan suhu ekstrem

Pergantian angin selatan diperkirakan terjadi pada Sabtu sore. Diperkirakan akan membawa angin hingga 90 kilometer per jam (56 mil per jam), yang Fitzsimmons katakan pada awalnya akan memperburuk kondisi api sebelum menyebabkan penurunan suhu yang dramatis.

Kematian dua petugas pemadam kebakaran pada Kamis malam ketika truk pemadam kebakaran mereka tertimpa oleh pohon yang tumbang ketika melakukan perjalanan melalui garis depan kebakaran membuat korban kebakaran hutan di New South Wales menjadi delapan sejak awal Oktober.

Tak lama setelah dua kematian itu diumumkan, Perdana Menteri Scott Morrison mengeluarkan pernyataan yang mengatakan dia akan kembali secepatnya dari liburan keluarga di Hawaii, sebuah perjalanan yang menuai kritik tajam ketika krisis kebakaran hutan semakin dalam.

AUSTRALIA SELATAN, KEBAKARAN VICTORIA

Di Australia Selatan, pihak berwenang mengatakan satu orang telah ditemukan tewas, yang lain terluka parah dan 15 rumah hancur oleh kebakaran di Adelaide Hills, hanya 40 kilometer (25 mil) timur ibukota negara bagian Adelaide.

Kematian itu terjadi setelah kematian lain di Australia Selatan pada hari Jumat, akibat kecelakaan mobil di daerah di mana peringatan darurat kebakaran terjadi.

Baca juga: Kebakaran-hutan baru berkobar di Australia

Pihak berwenang mengatakan 23 petugas pemadam kebakaran menderita luka-luka pada hari Jumat ketika daerah daerah di negara bagian itu mengalami kondisi kebakaran yang dahsyat.

Di negara bagian Victoria, 15 api berkobar di luar kendali pada Sabtu pagi, dengan peringatan darurat ditempatkan pada dua di timur negara bagian.

Australia telah memerangi kebakaran hutan di sejumlah negara bagian selama berminggu-minggu, dengan api menghancurkan lebih dari 700 rumah dan hampir 3 juta hektar (1,2 juta hektar) hutan semak. (Pelaporan oleh John Mair di Sydney dan Will Ziebell di Melbourne; Editing oleh Sandra Maler & Simon Cameron-Moore)

Sumber: Reuters

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019