Trump: kesepakatan dagang dengan China akan "segera" diteken

id Amerika Serikat-China,perang dagang,perjanjian Tahap Pertama

Presiden Amerika Serikat Donald Trump bersiap untuk menandatangani "National Defense Authorization Act for Fiscal Year 2020" (UU Otorisasi Pertahanan Nasional untuk Tahun Anggaran 2020) di Pangkalan Gabungan Andrews, Maryland, Amerika Serikat, Jumat (20/12/2019). ANTARA/REUTERS/Leah Millis/aa.

West Palm Beach, Florida (ANTARA) - Presiden Donald Trump mengatakan, Sabtu (21/12), Amerika Serikat dan China akan "segera" menandatangani kesepakatan antara kedua negara, yang disebut dengan perjanjian perdagangan Tahap Pertama.

"Kami baru saja membuat suatu terobosan dalam kesepakatan perdagangan dan kami akan menandatanganinya segera," kata Trump dalam acara Turning Point USA di Florida.

Perjanjian Tahap Pertama diumumkan pada awal Desember sebagai bagian dari upaya untuk mengakhiri perang dagang berbulan-bulan antara kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia tersebut.

Perang dagang antara AS dan China itu telah mengacaukan pasar dan menghantam pertumbuhan global.

Berdasarkan kesepakatan, Amerika Serikat akan setuju untuk menurunkan beberapa tarif sebagai imbalan atas peningkatan tajam pembelian produk pertanian Amerika oleh China.

Menteri Perdagangan AS Steven Mnuchin pekan lalu mengatakan perjanjian akan ditandatangani pada awal Januari. Ia menyebutkan bahwa perjanjian itu sudah diterjemahkan dan tinggal "dirapikan".

Sumber: Reuters

Baca juga: Diplomat top China sebut Beijing bersedia beli lebih banyak produk AS

Baca juga: China kecualikan beberapa barang AS dari tarif pembalasan

Pewarta : Tia Mutiasari
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar