Mungkin banyak polisi bagus, tapi kalau ditunjuk Nana rasanya tidak masalah. Memang kalau lihat banyak polisi yang layak jadi Kapolda Metro Jaya
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR RI, I Wayan Sudirta menilai penunjukan Irjen Pol Nana Sujana sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, merupakan langkah yang tepat dan tidak keliru.

Dia menilai Nana memiliki latar belakang yang cukup bagus di institusi Kepolisian.

"Mungkin banyak polisi bagus, tapi kalau ditunjuk Nana rasanya tidak masalah. Memang kalau lihat banyak polisi yang layak jadi Kapolda Metro Jaya," kata Wayan di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kapolsek Kebayoran Baru dicopot akibat narkoba

Dia menjelaskan ada banyak alasan Nana layak jadi Kapolda Metro Jaya, di antaranya melihat latar belakangnya di bidang intelijen dan keamanan (intelkam), karena salah satu unsur penting yang dibutuhkan seorang Kapolda Metro Jaya.

Politisi PDIP itu mengatakan, dengan kompleksitas permasalahan, berbagai kerumitan yang ada di Jakarta, intelijen yang paling tahu terhadap segala dan kemungkinan kejadian daripada satuan-satuan lain di kepolisian.

Wayan mengatakan Nana merupakan sosok yang memiliki karir cemerlang di Kepolisian karena pernah menjabat sebagai pimpinan di pucuk Korps Bhayangkara mulai dari Kapolsek, Kapolres hingga Wakapolda sehingga tidak lagi diragukan pengalamannya.

Baca juga: Kapolda Metro dan Pangdam agendakan konpers terkait ledakan di Monas

"Memang seorang Kapolda Metro Jaya itu penting sekali, jadi butuh orang yang dapat dipercaya Presiden dan Kapolri," ujarnya.

Menurut dia, Presiden Jokowi pasti membutuhkan kepercayaan dari Panglima TNI, Kapolri, Pangdam Jaya termasuk Kapolda Metro Jaya sehingga sulit jika penunjukan Kapolda Metro Jaya tidak ada komunikasi dengan Presiden RI.

Wayan menilai Kapolda Metro Jaya juga harus bisa berkomunikasi dan koordinasi dengan berbagai instansi pusat karena jabatan Kapolda Metro Jaya berbeda dengan kapolda-kapolda lain yang paling memerlukan komunikasi maksimal dan setiap saat.

"Saya mendukung dan apresiasi kalau Kapolda Metro adalah orang yang sudah diketahui rekam jejaknya oleh Presiden, orang yang sudah dikenal. Bukan hanya dikenal, tapi dapat dipercaya oleh Presiden," katanya.

Dia mengajak semua pihak mendukung dan memberikan kepercayaan kepada Nana untuk memimpin Kapolda Metro Jaya, diharapkan Jakarta akan lebih aman kondisinya dan bisa menyeimbangkan antara demokrasi dan kehadiran negara.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya bertemu Gubernur Anies update keamanan Jakarta

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019