Semoga natal tahun ini bisa membawa damai dan sukacita kepada seluruh umat Kristiani
Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah berharap agar perayaan Natal tahun 2019 ini mampu menciptakan masyarakat yang tetap dalam kondisi damai dan bahagia, serta ekonomi semakin baik.

Hal ini disampaikan Nurdin saat memantau langsung Misa malam Natal 2019 di sejumlah gereja dan pos pelayanan di Kota Makassar, Selasa (24/12) malam.

Ia didampingi Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe, Pengdam XIV Hasanuddin Surawahadi, dan Penjabat Wali Kota Makassar M Iqbal Suhaeb serta Kakanwil Kemenag Sulsel Anwar Abubakar.

"Mudah mudahan, dengan kehadiran kami Malam ini, suasana bahagia merayakan Natal menjadi lengkap," ucap Nurdin Abdullah.

Baca juga: Hujan diprediksi guyur Jakarta dalam perayaan Natal
Baca juga: Menteri PUPR: Angkutan Natal di Pelabuhan Merak lancar


Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sulsel, H Anwar Abubakar mengemukakan tema yang diangkat melalui semangat Natal tahun ini yaitu "Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang". Oleh karena itu, ia mengimbau agar umat Kristiani bisa membangun kebersamaan, saling pengertian, dan hidup secara harmonis dalam rumah besar bangsa Indonesia.

"Toleransi dan tenggang rasa secara timbal balik itu adalah kata kunci dari praktik moderasi dan kerukunan beragama di Indonesia," ujar Kakanwil.

Anwar Abubakar juga meminta agar sikap tenggang rasa dan toleransi antar umat beragama terus dipupuk, demi memelihara kerukunan rakyat.

"Semoga natal tahun ini bisa membawa damai dan sukacita kepada seluruh umat Kristiani yang merayakannya," katanya.

Baca juga: Tinjau tujuh gereja, Anies harap persatuan-kedamaian Jakarta terjaga
Baca juga: Ribuan jemaat GKI Sion Jayapura ikuti ibadah malam kudus


Pada pemantauan malam natal tersebut, Nurdin Abdullah bersama rombongan menuju ke Makodim Hasanuddin (1408/bs) di Jalan Lanto Daeng Pasewangbuntuk bersilaturahmi dengan Forkopimda dalam rangka Hari Natal dan Tahun Baru 2020.

Titik ini menjadi titik kumpul, sebelum melakukan pemantauan. Setelah dari Kodim, kemudian menuju ke Gereja Santo Yoseph Pekerja Gotong-royong Jalan Gunung Latimojong.

Selanjutnya, Gubernur menuju Gereja Katedral Makassar, Jalan Kajaolalido - Pos Pelayanan Panakukang, Jalan Boulevard - Gereja Immanuel, Jalan Balai Kota - Gereja Katolik Maria Ratu Rosario Kare di Jalan Perintis Kemerdekaan - Simpang Lima Bandara - Pos Pelayanan Biringkanaya (Patung Ayam) - Pos Pelayanan M-Tos.

Baca juga: Round up - Misa Malam Natal 2019 berlangsung khidmat dan damai
Baca juga: Kapolri pastikan perayaan Natal 2019 aman dan kondusif
Baca juga: Kapolda Sulut pakai Helikopter pantau pengamanan Natal

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019