Jakarta (ANTARA) - Situasi arus lalu lintas di Jalan Balai Pustaka Baru khususnya di depan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Resort Rawamangun Jakarta ramai lancar pada pelaksanaan ibadah Natal 2019.

"Situasi kondusif dan aman, tidak ada kemacetan, ada tiga gereja di sekitar sini, tapi gereja di sini punya akses tersendiri untuk parkir kendaraan," kata Kasat Lantas Polres Jakarta Metro Jaktim, AKBP Suhli di Jakarta, Rabu.

Sebagian ruas jalan, kata dia, memang menjadi sarana parkir bagi jemaat HKBP Resort Rawamangun, Gereja Katolik Keluarga Kudus dan Gereja Jawa Jakarta. Namun hal itu tidak membuat Jalan Balai Pustaka Baru mengalami kemacetan.

"Kendaraan masih bisa lewat, tapi kami buka tutup akses, tidak permanen, ketika kepadatan kendaraan akan diarahkan memutar, memang sedikit jauh," kata dia.

Baca juga: HKBP Rawamangun laksanakan lima kali Misa Natal 2019
Baca juga: Anies dihadiahi ulos
Situasi jalan di sekitar HKBP Resort Rawamangun pada pelaksanaan Misa Natal 2019 di Jakarta, Rabu (25/12/2019).(ANTARA/Boyke Ledy Watra)
Kendaraan dari Jalan Balai Pustaka Timur menuju Jalan Pemuda akan diarahkan memutar ke Jalan Waru kalau akses di depan HKBP Rawamangun mengalami penumpukan kendaraan.

"Kepolisian menyiagakan sekitar 50 personel untuk lalu lintasnya saja, ditambah personel pengamanan lainnya," kata Suhli.

Sementara itu, Sekretaris HKBP Resort Rawamangun Charles Tampubolon mengatakan, HKBP Rawamangun mengajak jemaat tidak membawa kendaraan pribadi agar tidak terjadi penumpukan kendaraan. Namun jika terpaksa harus membawa jemaat diminta memarkirkannya pada tempat yang telah disediakan.

"Kami dibantu oleh personel TNI dari Kodam Jaya, kepolisian dan Satpol PP, ormas, lengkaplah. Situasi bagus, kondusif," ucapnya.

HKBP Resort Rawamangun Jakarta melaksanakan lima kali Misa Natal pada 25 Desember 2019.

"Dua kali berbahasa Batak dan tiga misa berbahasa Indonesia," ujar Charles.

 

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019