Ratusan paket makanan dibagikan ACT Madiun bagi jamaah shalat gerhana

id ACT Madiun,Organisasi nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT),Humanity Food Truck ,kegiatan kemanusiiaan,bantuan kemanusiaan,Madiun,Kota Madiun

Tim ACT Madiun sedang membagikan 500 paket makanan untuk jamaah shalat gerhana di Masjid Al Ukhuwah, Kelurahan Banjarrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jatim dengan menggunakan fasilitas "Humanity Food Truck", Kamis (26/12/2019). (FOTO ANTARA/HO- ACT Madiun)

Madiun, Jatim (ANTARA) - Organisasi kemanusian nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Madiun, Jawa Timur membagikan sebanyak 500 paket makanan untuk jamaah shalat gerhana di Masjid Al Ukhuwah, Kelurahan Banjarrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun dengan menggunakan fasilitas "Humanity Food Truck".

Marketing Komunikasi ACT Cabang Madiun, Aferu Fajar mengatakan Humanity Food Truck adalah merupakan kendaraan yang biasanya dipakai untuk menjadi dapur umum di lokasi-lokasi bencana.

"Kendaraan ini memang didesain untuk memudahkan kami menyajikan makanan. Karena memang seperti itulah kebutuhannya. Kalau di lokasi bencana, masakan harus dapat dengan mudah disajikan," kata Aferu di Madiun, Kamis.

Ia menjelaskan, dengan menggunakan Humanity Food Truck itu, tim ACT memasak langsung makanannya sebelum dibagikan ke jamaah. Mulai pukul 03.00 WIB Kamis dini hari, tim sudah belanja bahan-bahan dan sayur mayur di Pasar Besar Madiun. Kemudian langsung diolah hingga pukul 11.00 WIB siang dan makanan sudah siap dibagikan dan disantap.

Menurut dia, dengan adanya Humanity Food Truck, proses pembagian makanan jadi lebih mudah dan efisien. Selain itu, pada kesempatan ini masyarakat juga diajak untuk mengetahui armada yang dimiliki oleh ACT.

Kesempatan itu, lanjutnya, sayangnya hanya berlangsung satu hari ini saja. Setelah ini, Humanity Food Truck akan dibawa kembali ke kantor pusat ACT di Jakarta.

Adapun untuk kegiatannya di Madiun, tim Humanity Food Truck beranggotakan tujuh orang. Mereka dibantu oleh relawan dan komunitas-komunitas lainnya.

"Alhamdulillah, masyarakat yang mendapatkan sajian makan dari ACT sangat antusias. Karena mereka selain mencicipi makanan, juga bisa melihat Humanity Food Truck lebih dekat, bahkan masuk ke dalamnya," kata Aferu.

ACT berharap Humanity Food Truck ini dapat kembali lagi ke Madiun dengan waktu yang lebih lama sehingga bisa menjangkau dan memberikan bantuan kemanusiaan di lebih banyak lokasi dan tempat lebih luas, demikian Aferu Fajar.

Baca juga: ACT Madiun distribusikan 1.700 karton air mineral

Baca juga: ACT Madiun bantu distribusikan air bersih di Ngawi

Baca juga: ACT Madiun galang dana untuk korban asap di Sumatra dan Kalimantan

Baca juga: ACT Madiun buka posko peduli Wamena

Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar