Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig merupakan juara paruh musim Liga Jerman, dengan keunggulan dua poin atas Borussia Moenchengladbach yang menghuni peringkat kedua. Sejumlah pihak kini berani berandai-andai klub tersebut akan mampu mengakhiri dominasi Bayern Munich di Liga Jerman.

Laman resmi Liga Jerman bundesliga.com merangkum lima alasan mengapa Leipzig berpeluang menjadi jawara musim 2018/2019.

1. Faktor Nagelsmann

Pelatih Julian Nagelsmann menjadi faktor pertama yang diperhitungkan saat menjagokan Leipzig untuk menjadi kampiun di akhir musim.

Nagelsmann merupakan pelatih permanen termuda sepanjang sejarah Liga Jerman saat ia menangani Hoffenheim pada usia 28 tahun. Sebelumnya ia juga pernah melatih tim U-19 klub itu untuk memenangi gelar Liga Jerman U-19 pada 2014.

Baca juga: Leipzig masuki libur musim dingin sebagai pemuncak klasemen

Setelah dipromosikan untuk melatih tim senior, Nagelsmann mampu menyelamatkan klub itu dari ancaman degradasi sebelum membawa mereka dua kali berturut-turut finis di empat besar.

Nagelsmann bahkan membantu membawa klub itu tampil di Liga Champions untuk pertama kalinya sepanjang sejarah mereka, dan langkah berikutnya tentu memenangi trofi.

Ia juga tidak cemas untuk bersaing dengan klub-klub besar, dan belum lama ini Nagelsmann menyatakan timnya berada dalam posisi untuk menantang Bayern.

Ucapannya bukan sekedar pepesan kosong. Pada pertandingan keempat musim ini, Leipzig dibawanya bermain imbang 1-1 dengan sang juara bertahan.

Baca juga: Hujan enam gol terjadi saat Dortmund menjamu Leipzig

Nagelsmann memiliki rekor cukup seimbang saat berhadapan dengan Bayern, yakni dua kemenangan, dua kali imbang, dan tiga kekalahan.

"Saya tentu saja yakin kami akan menjalani musim yang bagus. Saya tidak tahu apakah itu akan cukup untuk memenangi gelar. Kloppo (Juergen Klopp) memerlukan tiga tahun di Dortmund dan Liverpool (untuk memenangi gelar), " ucap Nagelsmann pada awal musim.

"Kami akan gembira jika bisa memenangi sesuatu dalam tiga tahun. Akan hebat jika kami dapat mencapainya. Itulah tujuan kami," yakinnya.

Selanjutnya: Leipzig memiliki pertahanan...

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019