Medan (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pelayanan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 secara nasional cukup baik, dan konsumen maupun masyarakat merasa senang.

"Pelayanan angkutan Natal-Tahun Baru ke depan, perlu lebih ditingkatkan lagi, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap transportasi laut, udara, dan darat semakin tinggi," kata Budi, usai meninjau Pasko Angkutan Natal-Tahun Baru 2019/2020 di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu.

Ia mengatakan, pelayanan angkutan setiap tahunnya agar terus ditingkatkan, sehingga konsumen tetap percaya terhadap jasa transportasi tersebut.

Baca juga: Menhub: Posko Natal-Tahun Baru di Bandara Kualanamu perlu ditingkatkan

"Apalagi, dalam perayaan Natal dan Tahun Baru yang dilaksanakan pada setiap tahunnya," ujar Budi.

Sebelumnya, Penumpang domestik di Bandara Internasional Kualanamu Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (3/1) H+1 Tahun Baru 2020 mencapai sebanyak 13.076 orang.

Data yang diperoleh dari Posko PT Angkasa Pura II (Persero) Kamis, menyebutkan dari jumlah 13.076 orang penumpang domestik itu yakni 5.506 orang yang datang, dan 7.570 orang berangkat.

Sedangkan, jumlah pesawat domestik yang datang 52 unit, berangkat 59 unit.Total seluruh pesawat 111 unit.

Dari segi fasilitas dan infrastruktur Bandar Udara Internasional Kualanamu mampu melayani pendaratan dan penerbangan pesawat berbadan besar, yakni Airbus A380 dan pesawat sejenisnya.
Bandara Internasional Kualanamu juga mampu menampung 35 pergerakan pesawat per jam.

Baca juga: Menhub minta pemanfaatan jalur layang KA Sumut dioptimalkan
 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020