mereka tetap harus terpenuhi kebutuhan pelayanan dasar cukup
Lebak (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta korban bencana banjir bandang di Kabupaten Lebak diutamakan mendapat pelayanan dasar, seperti kesehatan, makanan sehari-hari dan penampungan yang layak serta anak-anak tetap belajar.

"Kami berharap penanganan bencana itu diprioritaskan pelayanan dasar cukup," kata Muhadjir saat meninjau Posko Pengungsian di Desa Banjarsari Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Sabtu.

Penanggulangan bencana banjir bandang dilakukan secara terintegrasi yang melibatkan Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat..

Bahkan, Pemerintah Pusat melalui Menteri Kesehatan, Menteri Sosial dan Menteri PUPR siap membantu masyarakat yang terdampak bencana alam itu.

Namun, penanggulangan bencana banjir tersebut masih terkendala akses masuk ke permukiman masyarakat, serta banyak rumah warga rusak, bahkan hancur diterjang banjir dan longsor.

Baca juga: 677 KK korban banjir di Lebak masih bertahan di pengungsian
Baca juga: Petugas medis posko pengungsian kekurangan obat-obatan


Oleh karena itu, Menko PMK menyambut positif  langkah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang akan memrehabilitasi rumah-rumah warga yang terdampak bencana banjir dengan melibatkan TNI dari Bataliyon Zeni.

Diperkirakan 1.000 rumah warga rusak berat dan hingga rata dengan tanah akibat bencana banjir bandang itu.

"Saya kira pembangunan rumah warga yang melibatkan TNI tidak begitu lama dibanding melalui proses Kementerian PUPR," kata mantan Mendikbud itu.

Menurut dia, selanjutnya penanggulangan bencana alam itu dengan mencari alternatif lahan agar mereka membangun permukiman tidak berada di lokasi rawan bencana alam.

Permukiman itu, kata dia, bisa saja lahan tersebut berlokasi agak berjauh dari permukiman sebelumnya, apalagi lahan di sini begitu luas dan bisa mencari tempat yang lebih aman dari ancaman bencana alam.

Baca juga: Gubernur tetapkan Status Tanggap Darurat untuk banjir bandang Banten
Baca juga: Wagub Lampung serahkan bantuan korban banjir Banten


Selain itu Menko PMK juga memikirkan proses belajar mengajar bagi anak-anak korban banjir, apalagi ada satu SD yang tenggelam.

Dalam kondisi apapun, ujar dia, tetap anak-anak itu harus belajar, sebab jika mereka tidak belajar maka cukup berat untuk mengembalikan suasana anak-anak kembali belajar.

Ia juga memastikan pos kesehatan telah bekerja dengan tenaga dari petugas Puskesmas yang nantinya akan dibantu tenaga dokter, dan bantuan obat-obatan dari Kementerian Kesehatan.

"Kami memastikan penanggulangan bencana alam itu, Mereka tetap harus terpenuhi kebutuhan pelayanan dasar cukup," katanya.

Menteri PMK Muhadjir Efendy juga didampingi Kepala BNPB Doni Monardo juga Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meninjau Posko Pengungsian Desa Banjarsari Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak.

Baca juga: Warga pengungsian bencana banjir di Lebak kesulitan air
Baca juga: Pemkab Pandeglang beri bantuan logistik korban banjir di Lebak

 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020