Jakarta (ANTARA) - Golden Globe 2020 usai dihelat dan mencatatkan sederet sejarah baru, meskipun ada banyak kritik tentang daftar nominasi yang relatif homogen dalam acara yang berlangsung pada Minggu (5/1) di Beverly Hills itu.

Sejarah baru dimulai dari kemenangan pertama malam itu, saat aktor Ramy Youssef, memenangkan trofi untuk Best Actor in a Television Series-Musical or Comedy, atau aktor terbaik kategori serial televisi — musikal atau komedi.

Baca juga: Cetak sejarah baru, Awkwafina wanita Asia pertama tembus Golden Globe

Dia menjadi aktor keturunan Mesir pertama yang memenangkan kategori itu, mengalahkan aktor-aktor seperti Bill Hader, Michael Douglas, Ben Platt dan Paul Rudd.

Hal lainnya, saat penghargaan Film Berbahasa Asing Terbaik diumumkan jatuh pada "Parasite" karya sutradara Korea Selatan, Bong Joon-ho. "Parasite" menjadi film pertama dari Korea Selatan yang pernah memenangkan kategori itu.

"Setelah Anda mengatasi penghalang bahasa, Anda akan diperkenalkan pada begitu banyak film yang lebih menakjubkan ... aku pikir kami hanya menggunakan satu bahasa: film," tutur Joon-ho.

Hildur Guðnadóttir menjadi wanita pertama yang memenangkan penghargaan dalam 77 tahun untuk karyanya, "Joker". Dia juga komposer Islandia kedua yang memenangkan kategori Best Original Score.

Musisi Elton John dan Bernie Taupin membawa pulang trofi untuk lagu "I'm Gonna Love Me Again" dalam film "Rocketman". Melalui film biopik ini, untuk kali pertama mereka berbagi penghargaan.

Terakhir, ada aktris Awkwafina menerima trofi tahun ini untuk Best Actress in a Motion Picture- Musical or Comedy atau aktris terbaik kategori musikal atau komedi melalui film "The Farewell".

Dia menjadi aktris keturunan Asia pertama sekaligus wanita kulit berwarna yang pernah memenangkan kategori sejak kemenangan Angela Bassett pada tahun 1993, demikian seperti dilansir Eonline.



Baca juga: Rami Malek ungkap rahasia di film James Bond terbaru

Baca juga: Daftar pemenang Golden Globe 2020, "1917" hingga "Parasite"

Baca juga: "Parasite" sabet penghargaan di Golden Globe2020

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020