Jakarta (ANTARA/JACX) - Foto yang menampilkan seorang pria berbalut kain putih dengan banyak bercak merah, telah beredar melalui aplikasi pesan instan WhatsApp sejak Rabu (8/1).

Pria yang dalam foto terlihat tengah berbaring itu disebut-sebut merupakan mentalis dan mantan pesulap Indonesia Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo atau lebih akrab disapa Deddy Corbuzier.

Dalam kiriman WhatsApp tersebut, tubuh pria yang diklaim mirip sosok Deddy Corbuzier itu juga tampak dipenuhi luka yang terlihat seperti sayatan akibat serangan fisik benda tajam.

Penjelasan:
Menanggapi foto yang beredar lewat WhatsApp itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus pada Rabu (8/1) malam memberikan klarifikasi.

Mantan Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat itu menjelaskan jika gambar pria yang terbaring akibat luka fisik itu bukanlah sosok Deddy Corbuzier.

Menurut Yusri, Deddy tengah memandu sebuah acara secara langsung di stasiun televisi swasta saat foto tersebut ramai diperbincangkan pada Rabu malam.

"Deddy lagi syuting di Trans7. Barusan ngomong sama dia," ujar Kombes Pol. Yusri Yunus dalam klarifikasi tertulis kepada media.

Selain Kabid Humas Polda Metro Jaya, Deddy juga langsug memberikan komentar terkait informasi bohong tentang dirinya yang beredar melalui WhatsApp.

Melalui video di Youtube berjudul "SOSOK DIBALIK TOPENG SPIDERMAN PEMBERANTAS SAMPAH | HITAM PUTIH (08/01/20) PART 4", Deddy menjelaskan gambar yang tersebar di WhatsApp bukanlah dirinya.

Pada menit ke-7 lewat 21 detik video itu di Youtube, publik figur yang kini menjadi vlogger itu mengatakan, "Jari itu ngetik cepat banget ya. Untuk gosip saya yang katanya saya lagi di rumah sakit Surabaya, cepet banget hoaksnya. Di Indonesia, ini luar biasa. Apa yang lebih cepat daripada kecepatan cahaya? Orang bodoh nyebarin hoaks." 

Klaim: Foto Deddy Corbuzier mendapatkan serangan fisik
Rating: Salah/Disinformasi
 
Tangkapan layar hoaks Deddy Corbuzier terluka (WhatsApp)


Baca juga: Deddy Corbuzier banyak menolak tawaran umrah setelah masuk Islam

Baca juga: Deddy Corbuzier beli mobil listrik Tesla Model 3

Baca juga: KPK klarifikasi pernyataan Fahri Hamzah pada youtube Deddy Corbuzier

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020