Jakarta (ANTARA) - Juara Grand Slam dua kali Simona Halep menatap Australia Open dengan sedikit waktu tersisa untuk membenahi diri setelah dikalahkan 4-6, 2-6 oleh Aryna Sabalenka di tunamen Adelaide International.

Servis juara bertahan Wimbledon dan mantan petenis nomor satu dunia itu lima kali berhasil dipatahkan dan harus takluk pada set kedua oleh lawannya asal Belarusia.

Kekalahan dalam pertandingan babak perempat final yang berlangsung selama 71 menit itu memaksa Halep harus lebih waspada untuk musim ini dengan Grand Slam pertama tahun ini akan dimulai pada Senin di Melbourne, demikian AFP.

Baca juga: Mantan juara Kerber cedere jelang Australia Open

Sabalenka selanjutnya akan menghadapi Dayana Yastremska pada Jumat untuk memperebutkan tiket semifinal. Petenis Ukraina berusia 19 tahun itu mengalahkan lawannya petenis Kroasia Donna Vekic yang berada di peringkat 20 besar, dengan skor 6-4, 6-3.

Sabalenka yang berada di peringkat ke-12 dibanding Halep di posisi keempat dunia, memenangi pertandingan pertamanya setelah dua kali kalah dari petenis Romania yang dilatih petenis Australia, Darren Cahill itu.

"Rasanya luar biasa, kami menjalani pertandingan yang sulit dan dia bermain dengan baik," kata Sabalenka. "Saya mencoba untuk tetap fokus pada setiap poin. Saya tidak peduli dengan Grand Slam, saya hanya bermain di setiap pertandingan."

"Saya tidak peduli dengan masa lalu, saya tetap di saat ini yang membantuku untuk menang."

Pada set pertama Halep dua kali kehilangan keuntungan untuk mematahkan servis, sementara Sabalenka melaju dengan mematahkan servis ketiganya pada gim terakhir akibat kesalahan ganda yang dilakukan sang petenis unggulan.

Baca juga: Halep akan main pada edisi perdana Adelaide International

Pada set kedua, petenis Belarusia ini semakin tak terbendung meskipun Halep berusaha keras mengejar ketertinggalannya saat kedudukan 5-0, tetapi petenis muda itu tidak memberi peluang dan menutup laga dengan skor 6-2.

Sementara itu Yastremska, peringkat 24 dunia, mengaku sangat senang mampu mengalahkan Vekic.

"Senang berada di semi final pada awal tahun," katanya. "Saya belum memainkan permainan terbaik saya, tapi itu masih cukup bagus."

"Saya hanya menjaga performa saya. Saya punya target besar untuk Australia, tetapi saya juga akan mencoba untuk tetap realistis dan memainkan pertandingan demi pertandingan. Hanya itu yang bisa saya pikirkan."

Pada pertandingan perempat final selanjutnya, unggulan utama asal Australia, Ashleigh Barty, akan melawan Marketa Vondrousova sementara unggulan keempat Belinda Bencic menghadapi petenis Amerika Danielle Collins.

Baca juga: Halep, Cornet punya cara unik bantu korban kebakaran hutan

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020