Kupang (ANTARA) - Partai Hanura memastikan akan mengusung calon bupati maupun wakil bupati, dalam pilkada serentak 2020 yang akan diselenggarakan pada sembilan kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Ada 20 bakal calon bupati dan 17 bakal calon wakil bupati yang melamar ke Partai Hanura, dan kami memastikan bahwa kami juga punya calon untuk diusung," kata Ketua DPD Partai Hanura NTT, Refafi Gah, di Kupang, Senin.

Ia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan kesiapan partai itu menghadapi pilkada serentak, yang akan dilaksanakan di sembilan kabupaten di provinsi berbasis kepulauan itu.

Menurut dia, Partai Hanura memang tidak bisa mengusung calon sendiri, tetapi harus berkoalisi dengan partai politik untuk bersama mengusung calon.

"Dan saya kira, hampir semua partai tidak bisa mengusung calon sendiri. Hanya ada beberapa partai dan itupun hanya di satu atau dua kabupaten. Lainnya harus berkoalisi," katanya.

Mengenai mitra koalisi, dia mengatakan, koalisi sudah terbangun dengan sejumlah partai politik untuk mengusung calon bersama.

Hanya saja, dia enggan menyebut partai koalisi yang sudah bersepakat dengan Hanura untuk mengusung calon bupati dan wakil bupati dalam pilkada serentak 2020 di NTT.

"Yang pasti, semua daerah sudah ada mitra koalisi. Tinggal menunggu penetapan," katanya. Khusus untuk figur yang diusung, dia mengatakan, semua bakal calon yang melamar masih dalam proses di internal partai untuk ditetapkan. 

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020