Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiapkan tiga rumah sakit sebagai rujukan untuk fasilitas isolasi terhadap pasien terduga terjangkit 
virus corona.

"Sementara ini, Jakarta ada tiga RS rujukan untuk isolasi, yakni RS Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Suroso, RS Persahabatan dan RSPAD Gatot Soebroto," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Selain itu, Widyastuti mengatakan, pihaknya juga sedang menyiapkan pendampingan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) binaan, terutama yang dekat dengan pelabuhan baik laut maupun udara.

"Apa yang sudah kita latih adalah yang dekat dengan bandar-bandar, yakni RSUD Koja dan RSUD Cengkareng. Ke depannya kita mengejar yang lain," kata dia.

Baca juga: Dinkes DKI buka sambungan 24 jam fasilitasi laporan virus corona
Baca juga: Seorang pasien "suspect" virus corona di Jakarta diisolasi


Selain mempersiapkan rumah sakit, Dinkes DKI Jakarta juga menyiapkan kelengkapan operasional bagi staf-staf kesehatan, yakni Alat Pelindung Diri (APD) di semua Puskesmas.

"Untuk APD kami minta semua fasilitas kesehatan baik Puskesmas, RS untuk menyiapkan untuk APD. Kami juga mengundang kembali untuk evaluasi bagaimana cara pemakaian APD termasuk cara pengambilan spesimen. Karena spesimen pemeriksaan ini baru bisa dilakukan di Litbangkes," ucap Widyastuti.

Hingga saat ini, kata Widyastuti, di Jakarta ada tiga pasien yang tengah menjalani observasi atas dugaan terjangkit virus corona karena ada riwayat perjalanan dari negara yang terkena wabah pneumonia.
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020