Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) membagikan masker gratis dan mengedukasi para pengguna layanan KRL di tiga stasiun, yaitu Tanah Abang, Juanda dan Stasiun Bogor untuk mencegah Novel Coronavirus (nCoV).

"Tidak hanya antisipasi virus corona, edukasi ini juga berfungsi mengedukasi masyarakat agar terhindar dari penyakit pernafasan seperti influenza, batuk dan penyakit lainnya," kata VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba di Stasiun Tanah Abang, Senin.

Pembagian masker gratis juga dilakukan secara serentak di 28 stasiun lainnya, antara lain, Stasiun Gondangdia, Cikini, Jakarta Kota, Manggarai, Tebet, Pasar Minggu, Lenteng Agung, Depok, Bidara Cina, Depok Baru dan Bojong Gede 

Selain itu Stasiun Cikarang, Telaga Murni, Bekasi Timur, Bekasi, Cakung, Klender, Sudirman, Duri, Kampung Bandan, Tangerang, Kebayoran, Sudirman, Maja, Cisauk, Serpong, Parung Panjang dan Rangkas Bitung.

"Memang warning untuk itu (corona) belum sampai ke layanan kita, tapi kita edukasi para penumpang untuk antisipasi penyakit-penyakit yang menyerang pernafasan," kata Anne.

Baca juga: Pasokan bawang putih dari China di Pasar Induk Kramat Jati berkurang
Petugas Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyosialisasikan cara cuci tangan kepada penumpang yang menunggu kereta di Stasiun Tanah Abang, Senin (3/2/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Dalam satu stasiun, ada 350 masker yang dibagikan di pagi hari pada pukul 10.00 WIB secara serentak.

Pembagian masker masih akan dilakukan hingga peringatan bahaya penyakit pernafasan yang berasal dari virus corona itu dicabut.

Selain melakukan edukasi dan pembagian masker, KCI juga melakukan tes pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat di pos-pos kesehatan yang saat ini tersedia di 30 stasiun.

"Pos kesehatan kita dapat dikunjungi setiap hari oleh pengguna jasa, di situ bisa cek kesehatan rutin, cek suhu tubuh juga, jadi layanannya lengkap," kata Anne.

Masyarakat juga antusias menyambut baik kegiatan sosialisasi dan bagi-bagi masker yang dilakukan oleh PT KCI. Beberapa penumpang seperti anak- anak mau pun ibu-ibu dewasa mengerubuti petugas yang membagikan- bagikan masker itu.
Baca juga: Daya tahan tubuh kunci hadapi virus corona

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020