Jayapura (ANTARA) - Prajurit TNI AD yang bertugas sebagai satuan tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad, Pos Tatakra melaksanakan kegiatan patroli kesehatan kepada masyarakat di Kampung Tatakra, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Pos (Danpos) Tatakra Letda inf Heriyansyah Purba yang dihubungi dari Kota Jayapura, Senin mengatakan kegiatan tersebut digelar sejak Minggu (2/2) sore.

"Karena di Kampung Tatakra tidak ada fasilitas kesehatan dan jaraknya cukup jauh dari pusat pelayanan kesehatan di Ubrub yang berjarak lebih dari 12 Km dari pusat Distrik Web, dan harus melewati gunung, hutan dan sungai yang membutuhkan waktu tempuh seharian penuh,” katanya.
Baca juga: TNI datangi rumah warga perbatasan berikan layanan kesehatan

Menurut dia, kegiatan itu merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat Kampung Tatakra yang masih minim terhadap pelayanan kesehatan.

"Disamping itu kebiasaan masyarakat yang masih enggan untuk dirawat inap jika mengalami sakit karena jarak yang jauh dan tidak adanya akses transportasi darat," katanya.

Kegiatan patroli kesehatan itu, kata dia, dimulai dengan anjangsana mendatangi rumah-rumah warga yang ingin berobat dan mengalami sakit.
Baca juga: Satgas Pamtas RI-Timor Leste berbagai kebahagiaan anak perbatasan

Masyarakat sangat antusias melihat kedatangan tim kesehatan dari Pos Tatakra. Semua yang kami lakukan ini adalah bentuk kepedulian terhadap masyarakat, disamping patroli keamanan kami juga selalu membawa personil kesehatan untuk memberikan pelayanan pengobatan keliling dari rumah ke rumah warga,” kata Purba.

Sementara itu, kegiatan pelayanan kesehatan ini mendapat apresiasi positif dari tokoh masyarakat Kampung Tatakra, Martien Ball, dimana Ia menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian anggota bapak TNI yang sudah peduli terhadap kesehatan warga di wilayahnya.

"Mewakili warga, saya sampaikan terima kasih kepada bapak TNI yang kepeduliannya bisa laksanakan pelayanan kesehatan," katanya.
Baca juga: Satgas Pamtas RI-Timor Leste gelar pengobatan gratis warga perbatasan

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020