Batam (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kepulauan Riau menjalankan kegiatan basembang bercerite untuk menenangkan masyarakat, agar tidak cemas berlebihan menanggapi kehadiran 238 WNI dari Wuhan China yang diobservasi di sana.

"Komunikasi dan koordinasi yang baik diperlukan untuk menenangkan situasi sehingga terciptanya kamtibmas yang aman dan kondusif di Natuna, itulah yang melatari kegiatan basembang bercerite ini dengan menyapa dan berdialog dengan masyarakat," kata Dansat Brimob Polda Kepri Kombes Pol Mohammad Hendra Salipu, Rabu.

Baca juga: Warga banyak meninggalkan Kota Ranai, sebut Wabup Natuna

Basembang bercerite merupakan istilah melayu untuk kongkow, bersilaturahim dan berbagi cerita bersama.

Satuan Brimob Polda Kepri menyambangi rumah warga dan tempat yang menjadi lokasi keramaian warga di sekitar Ranai.

Dalam basembang bercerite kamtibmas, Dansat Brimob Polda Kepri bersama Direktur Intelkam Polda Kepri turut membagikan masker kepada masyarakat, sebagai upaya menjaga kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Baca juga: Pemprov Kepri bentuk posko kesehatan di Natuna untuk cegah Corona

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt menyatakan seluruh personel Sat Brimob yang dikirim ke Natuna sudah dibekali pengetahuan mengenai virus corona 2019-nCoV.

Aparat kepolisian akan bersama dengan tim di Natuna akan memberikan penjelasan kepada masyarakat mengenai informasi itu.

"Bagaimana mengenali gejala klinis. Pemahaman pengetahuan dasar bagaimana apabila menemukan," kata dia.

Ia mengajak masyarakat harus percaya dengan langkah-langkah yang dilakukan pemerintah pusat. Kemenkes, BNPB, TNI dan seluruh tim sudah merencanakan dan menggunakan standar kesehatan WHI dan Indonesia.

Polda Kepri juga menggelar bakti sosial gotong royong di beberapa tempat di Natuna, antara lain di Kelenteng Fuk De Chi KpTua Pelantar Penagih, Gereja Katolik Santo Paulus dan Masjid An' Nur Batu Hitam Bunguran Timur.

Baca juga: Polda Kepri gelar penyuluhan terkait virus corona di Natuna
Baca juga: Kemenkes kirim logistik bagi WNI dari China di Natuna
Baca juga: Kemenkes: WNI di lokasi observasi Natuna sehat

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020