Jakarta (ANTARA) - Perusahaan telekomunikasi asal Swedia, Ericsson, mengumumkan bahwa mereka tidak akan menghadiri konferensi teknologi Mobile World Congress (MWC) 2020 dikarenakan virus corona.

Ericsson mengatakan tidak ingin menempatkan karyawan mereka dalam risiko tertular virus tersebut.

“Ericsson menghargai GSMA telah melakukan segala yang mereka bisa untuk mengendalikan risiko,” ujar Ericsson dalam sebuah pernyataan, dikutip dari The Verge, Sabtu.

Baca juga: Nokia bakal umumkan inovasi baru di MWC 2020

“Namun, sebagai salah satu peserta pameran terbesar, Ericsson memiliki ribuan pengunjung di aula setiap hari dan bahkan jika risikonya rendah, perusahaan tidak dapat menjamin kesehatan dan keselamatan karyawan dan pengunjungnya,” lanjut Ericsson.

Sebagai gantinya, untuk memamerkan portofolio dan inovasi perusahaan, Ericsson akan menghadirkan demo dan konten yang dibuat untuk MWC dalam acara “Ericsson Unboxed” di negara asalnya.

GSMA, organisasi yang mengadakan acara MWC, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka "menghormati" keputusan Ericsson, yang didorong dengan komitmen Ericsson untuk mengikuti MWC 2021.

GSMA juga menekankan kembali bahwa acara tetap akan berlangsung pada akhir bulan, yakni dari 24 Februari hingga 27 Februari. GSMA mengatakan akan terus "memantau dan menilai" situasi dan kondisi tentang virus tersebut untuk mengambil tindakan yang sesuai.

Sebelumnya, GSMA mengatakan akan meningkatkan dukungan medis dan langkah-langkah disinfeksi di stand dan mengkomunikasikan langkah terbaik kepada peserta. Protokol baru juga disiapkan, yakni penggantian mikrofon baru pada setiap pembicara di konferensi, dan “kebijakan tanpa jabat tangan” juga disarankan.

Sementara itu, Xiaomi, Vivo, dan Honor sebelumnya mengatakan bahwa mereka berencana untuk hadir, seperti halnya Qualcomm, Lenovo, dan Motorola.

GSMA merupakan organisasi dari 1.200 perusahaan di industri teknologi dan telekomunikasi, dan MWC menjadi wadah bagi ribuan orang untuk berkumpul menjalin kemitraan, menghasilkan kesepakatan, dan peluncuran produk di hadapan pers dari seluruh dunia.


Baca juga: ZTE tetap pameran di MWC 2020, pastikan karyawan bebas corona

Baca juga: Oppo bakal luncurkan Find X2 di MWC 2020

Baca juga: Telko Korea tetap mengikuti MWC di tengah virus corona


Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020