Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memotivasi ratusan peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan pemerintah provinsi yang mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) di Graha Universitas Negeri Surabaya, Senin.

"Tetap semangat dalam mengerjakan dan jangan patah arang untuk berusaha," ujarnya di sela meninjau proses SKD.

Gubernur yang didampingi Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono memasuki ruang SKD menjelang pukul 10.00 WIB dan menyalami sebagian peserta.

Di hadapan peserta, orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut pernah bercerita dirinya pernah gagal mengikuti tes menjadi pegawai Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Saya tidak terima waktu itu, tapi tujuh tahun kemudian saya diangkat sebagai kepala BKKBN, bahkan yang mengetes saya waktu itu masih ingat. Saya cerita ini agar semua peserta termotivasi serta tidak berkecil hati," ucapnya.

Baca juga: 3.770 pelamar lolos seleksi administrasi CPNS Pemkot Madiun

Baca juga: Jatim ingatkan masyarakat agar waspadai iklan CPNS


Pelaksanaan SKD digelar pada 8-26 Februari 2020 di Graha Unesa di kawasan Lidah Wetan Surabaya dengan total peserta 54.600 orang.

Setiap harinya dilakukan lima kali sesi yang masing-masing berjumlah 600 peserta sehingga totalnya 3.000 orang mengikuti SKD perhari.

Dari jalur umum akan diambil sebanyak 1.745 orang, disabilitas 36 orang, dan peraih nilai cumlaude 36 orang sehingga total yang diterima yakni 1.817 orang.

"Peserta tes dari disabilitas ada 47 orang dan yang diterima nanti 36 orang, lalu jalur cumlaude pesertanya 260 orang dan yang diterima juga 36 orang. Lainnya dari jalur umum," kata gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

Keseluruhan formasi tersebut untuk posisi sebagai tenaga guru sebanyak 1.133 lowongan, tenaga kesehatan sebanyak 322 lowongan dan teknisi 362 lowongan.

Di tempat sama, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jawa Timur Nur Kholis mengimbau kepada seluruh peserta untuk hadir 90 menit sebelum tes dimulai.

"Jalan akses ke sini memang jadi kendala sehingga peserta harus benar-benar bisa mengatur waktunya. Kalau sampai terlambat, apalagi tidak hadir maka dipastikan gugur," katanya.*

Baca juga: Peserta seleksi CPNS melahirkan usai kerjakan soal tes di Probolinggo

Baca juga: Anggota DPR RI pantau ujian CAT seleksi CPNS Kemenkumham Aceh

Baca juga: Ombudsman Sulbar awasi seleksi CPNS Sulbar

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020