Washington (ANTARA) - Infeksi virus corona pertama dikonfirmasi terjadi di San Diego, California, pada diri seorang yang berada di atas pesawat penerbangan evakuasi pertama Amerika Serikat dari Wuhan, China menuju pangkalan udara Miramar, demikian laporan stasiun 10News mengutip pejabat yang mengetahui situasi tersebut.

Hal itu menjadi kasus yang ke-13 di AS terhadap orang-orang teruji positif terjangkit virus corona. Pejabat mengatakan orang yang terinfeksi itu dibawa ke Pusat Medis San Diego Universitas California untuk menjalani perawatan. Pejabat rumah sakit itu tak mau menyebut identitasnya dan mengatakan pihak rumah sakit akan mengeluarkan pernyataan.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) yang menangani tanggapan AS atas wabah virus corona tak segera menjawab pernyataan.

Sebelumnya, pejabat kesehatan telah minta Departemen Pertahanan menyediakan beberapa fasilitas yang mampu menampung sedikitnya 250 orang dalam kamar-kamar pribadi sampai 29 Februari.

Pentagon mengatakan empat instalasi militer telah dipilih: dua di California, satu di Colorado dan satu di Texas. Dikatakan, personel Departemen Pertahanan hanya akan memberikan dukungan tempat dan tidak bertanggung jawab untuk semua perawatan dan transportasi.

"Personel Dephan tak akan berhubungan langsung dengan orang-orang yang dievakuasi dan orang-orang ini tak akan punya akses ke lokasi lain pangkalan kecuali tempat yang sudah ditentukan," Pentagon mengatakan.

Reuters

Baca juga: United Airlines hentikan penerbangan AS-China sehari lebih cepat

Baca juga: Di tengah kekhawatiran coronavirus, Thailand larang kapal pesiar

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020