Mantan Ketua MPR RI ini menyampaikan bahwa partainya lebih menjadi mitra yang kritis yang bisa memberikan masukan dan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh negeri ini.
Kendari (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan bahwa partainya tidak akan masuk pada koalisi pemerintahan dan tidak juga sebagai oposisi.

Hal itu disampaikan oleh Zulkifli Hasan usai menutup Kongres V PAN yang di laksanakan di Hotel Claro, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Rabu.

"Kami tidak masuk koalisi dan tidak oposisi, Saya kan tidak dukung Pak Jokowi, Ya nggak mungkin kita bisa masuk ke sana biarkan saja kita seperti ini," katanya pula.
Baca juga: Zulkifli Hasan sebut kericuhan Kongres V PAN dari orang luar pantai

Mantan Ketua MPR RI ini menyampaikan bahwa partainya lebih menjadi mitra yang kritis yang bisa memberikan masukan dan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh negeri ini.

"Jadi kalau masuk tidak, tapi kalau oposisi juga tidak, Kita akan menjadi mitra yang kritis bisa memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi bangsa ini," ujarnya.

 
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (ketiga kanan). (ANTARA/Harianto)


Zulkifli juga mengungkapkan, jika partainya masuk ke oposisi, maka akan merupakan kerugian bagi PAN sendiri.

"Kalau oposisi itu sudah diambil "tagline"-nya oleh Partai Keadilan Sejahtera. Kalau kita ikut masuk ke situ akan sangat merugikan kita saya yakin itu," katanya.
Baca juga: Tutup Kongres V PAN, Zulhas minta maaf pada Amien Rais

Ia juga menyampaikan bahwa PAN tidak mungkin maju sendiri di ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Apalagi, kata dia, pemilihan presiden (pilpres). Karena itu, lanjut Zulhas, suka atau tidak suka pihaknya perlu teman banyak, sehingga berada di posisi ketiga pada Pemilu 2024.

"Karena itu kami harus menentukan 'positioning' dengan siapa kita mesti berteman paling tidak kita tidak bermusuhan dengan banyak orang. Karena kita ini adalah multipartai tidak mungkin kan sendirian pilkada, apalagi pilpres. Oleh karena itu, suka atau tidak suka kita perlu teman banyak sehingga kita bisa posisi ketiga di Pemilu 2024," ujarnya pula.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020