pekan depan sudah dimulai pembangunan pabrik kelapa sawit yang keenam di Sulsel
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan akan membangun pabrik pengolahan kelapa sawit di Kabupaten Luwu Utara mulai sekitar pekan keempat Februari 2020.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sulsel Andi Ardin Tjahjo di Makassar, Minggu, mengatakan pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit itu menambah jumlah pabrik menjadi enam unit di Sulsel yang tersebar di Kabupaten Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur.

Baca juga: Pekanbaru tawarkan investasi pembangunan pabrik sawit Rp28 triliun


"Peluncuran awal sudah dilakukan dan Insya Allah pekan depan sudah dimulai pembangunan pabrik kelapa sawit yang keenam di Sulsel," katanya.

Ia menjelaskan Pemprov Sulsel konsisten dan mendukung para petani dalam pengembangan kelapa sawit.

Apalagi saat ini, kata dia, Presiden Joko Widodo juga sudah membuat program mandatory biodiesel yang mampu mengangkat harga jual kelapa sawit di Indonesia termasuk di wilayah Luwu Raya. 

Baca juga: Mayoritas pabrik beli sawit dengan harga tinggi di Mukomuko


Menurut dia, jika tersedia pabrik maka bisa diartikan atau sudah menunjukkan potensi kelapa sawit memberikan keuntungan yang besar bagi Sulsel.

Hal itu yang membuat pemerintah berani mengeluarkan modal untuk membiayai pembangunan pabrik kelapa sawit di Sulsel.

"Saya kira dengan harga kelapa sawit yang mengalami kenaikan serta ketersediaan pabrik membuat para petani di daerah ini lebih semangat," ujarnya.

Baca juga: PTPN V targetkan sertifikasi ISCC untuk seluruh unit pabrik

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020