Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata saat dikonfirmasi, di Timika, Senin, mengatakan dalam kunjungan tersebut Panglima TNI dan Kapolri juga akan melihat kesiapan prajurit TNI dan Polri di wilayah Timika untuk pengamanan PON XX Papua yang ju
Timika (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis pada Selasa (18/2) siang dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di Timika, ibu kota Kabupaten Mimika, Papua untuk meninjau lokasi yang akan dibangun Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Mako Gabwilhan) III.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata saat dikonfirmasi, di Timika, Senin, mengatakan dalam kunjungan tersebut Panglima TNI dan Kapolri juga akan melihat kesiapan prajurit TNI dan Polri di wilayah Timika untuk pengamanan PON XX Papua yang juga akan digelar di Timika.

"Agenda kunjungan kerja Bapak Panglima TNI dan Bapak Kapolri di Timika esok untuk melihat lokasi pembangunan Mako Gabwilhan. Selain itu, juga untuk melihat kesiapan pengamanan PON XX Papua yang beberapa cabang olahraga akan dipertandingkan di Timika," kata AKBP Era Adhinata.

Mako Gabwilhan III rencananya akan dibangun di kawasan Kampung Limau Asri SP5, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika.
Baca juga: Menko Polhukam, Panglima TNI-Kapolri kunker ke tiga kota di Papua

Sebelum ke Timika, Panglima TNI dan Kapolri dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Jayapura untuk melepas jenazah sejumlah prajurit TNI yang meninggal dalam kecelakaan helikopter MI-17 milik Penerbad TNI yang jatuh di puncak Pegunungan Mandala, Kabupaten Pegunungan Bintang pada 28 Juni 2019.

Delapan dari 12 jenazah prajurit TNI yang meninggal dalam kecelakaan helikopter tersebut telah diterbangkan ke kampung halaman mereka di Semarang dan Surabaya pada Senin siang menggunakan penerbangan pesawat Hercules C-130 TNI AU.

Sedangkan empat jenazah prajurit TNI lainnya baru akan diberangkatkan pada Selasa (18/2) siang dengan tujuan Sorong, Ambon, Kupang, dan Kendari.

Pelepasan jenazah empat prajurit TNI tersebut rencananya akan dilakukan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bertempat di Hanggar Base Ops Lanud Silas Papare, Sentani, Jayapura pada Selasa (18/2) siang sekitar pukul 13.00 WIT.
Baca juga: Papua Terkini - Kapolri dan Panglima TNI bertolak ke Papua
 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020