Apa-apaan sih itu? Kita punya cukup banyak masalah dengan Korea Selatan, dengan perdagangan. Dan setelah  itu semua, mereka menjadikannya sebagai film terbaik tahun ini?
Colorado Springs, Colorado (ANTARA) - Presiden Donald Trump, Kamis (20/2), mengejek kemenangan film Korea Selatan Parasite.

Ketika berbicara dalam acara kampanye, Trump menyebut dirinya berharap agar film-film klasik Hollywood seperti Gone with the Wind tahun 1939 muncul lagi.

Parasite, sindiran sosial yang kelam soal kesenjangan antara kalangan kaya dan miskin di dunia modern Seoul, awal bulan ini menjadi film nonbahasa Inggris pertama yang meraih penghargaan utama Hollywood.

Film itu juga merebut tiga piala Oscar lainnya, yakni dalam kategori sutradara terbaik dan skenario asli terbaik untuk Bong Joon Ho serta film fitur internasional terbaik.

"Seberapa buruk Academy Awards tahun ini?" tanya Trump saat berkampanye di Colorado Springs, Colorado. Sambil menirukan cara penerima penghargaan Academy Awards diumumkan, Trump mengatakan, "Dan pemenangnya adalah film dari Korea Selatan.

"Apa-apaan sih itu? Kita punya cukup banyak masalah dengan Korea Selatan, dengan perdagangan. Dan setelah itu semua, mereka menjadikannya sebagai film terbaik tahun ini?," kata Trump lagi.

"Bisa tidak Gone With the Wind dikembalikan, ayo dong?" katanya di depan ribuan pendukung. Ia merujuk pada film tentang era Perang Sipil Selatan yang dinobatkan sebagai film terbaik Oscar 80 tahun yang lalu.

Trump juga meremehkan aktor Brad Pitt, yang memenangi Oscar sebagai aktor pendukung terbaik dalam Once Upon a Time in Hollywood.

Saat menerima penghargaan tersebut, Pitt mengatakan ia mendapat lebih banyak waktu untuk berbicara, 45 detik, dibandingkan dengan yang didapat mantan penasihat keamanan nasional John Bolton dalam sidang pemakzulan Trump di Senat.

"Saya tidak pernah jadi penggemar berat dia. Dia agak sombong," kata Trump soal Pitt.

Trump, yang sedang menjalani rangkaian kampanye empat hari di sejumlah daerah abu-abu di wilayah Barat, juga mengeluarkan komentar pedas soal debat presiden Demokrat pada Rabu (19/2) malam.

Ia terutama mengomentari penampilan mantan Walikota New York Michael Bloomberg, yang menurut sang presiden menjalani malam yang acak-acakan.

"Saya sebenarnya ingin mengirimi dia pesan yang berbunyi,'Tidak mudah melakukan apa yang saya lakukan, bukan?' Tidak gampang, Mike. Tidak gampang bagi mereka semua,'" kata Trump soal calon dari Demokrat yang akan menghadapinya dalam pemilihan pada November.

Trump dijadwalkan kembali ke Washington setelah berkampanye di Las Vegas pada Jumat.

Sumber: Reuters
Baca juga: Donald Trump kritik kemenangan "Parasite" jadi film terbaik Oscar
Baca juga: "Parasite" pecahkan rekor "box office" setelah menang Oscar
Baca juga: Mark Ruffalo disebut akan bintangi serial adaptasi "Parasite"

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020