Banjir juga dilaporkan merendam sejumlah ruas jalan di Kecamatan Kramat Jati, di antaranya Jalan Raya Pondok Gede depan UPAS setinggi 1 meter yang tidak bisa di lewati kendaraan
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 30 ruas jalan di wilayah Jakarta Timur terendam banjir dengan ketinggian bervariasi imbas curah hujan yang tinggi sejak Selasa dini hari.

"Hingga pukul 05.00 WIB ruas jalan di sepuluh kecamatan Jakarta Timur terendam banjir," kata Kasi Dalops Sudin Perhubungan Jakarta Timur Riky Erwinda di Jakarta.

Dua lintasan jalan di wilayah Kecamatan Matraman dilaporkan tidak bisa dilewati kendaraan, yakni di Jalan Nanas Raya depan SMKN 40 dan Jalan Balai Rakyat dengan ketinggian air berkisar 40 cm.

Kecamatan Ciracas terdapat dua jalan yang terendam yakni Jalan Raya Ciracas Depan PHB Kali Jodo setinggi 20 cm namun dapat dilalui kendaraan.

Sedangkan Jalan Raya Ciracas depan Taman Silih Asih sepanjang 18 meter tidak bisa dilalui kendaraan sebab terendam air 30-40 cm.

"Jalan Raya Penganten Ali Depan LRT, Ketinggin 50 cm, dapat dilalui kendaraan," katanya.

Baca juga: PMI Jaksel catat lima kecamatan terdampak genangan Selasa pagi

Baca juga: Waspada, 12 lintasan tol Jasa Marga terendam banjir

Baca juga: 326 gardu PLN di Jakarta dipadamkan imbas banjir


Jalan Raya Bungur Belakang Terminal Bus Kampung Rambutan, genangan 30 cm dapat dilalui kendaraan.

Di Kecamatan Pasar Rebo banjir merendam ruas jalan di Kelurahan Pekayon sekitar 100 cm dan tidak bisa dilewati kendaraan.

Banjir juga dilaporkan merendam sejumlah ruas jalan di Kecamatan Kramat Jati, di antaranya Jalan Raya Pondok Gede depan UPAS setinggi 1 meter yang tidak bisa di lewati kendaraan.

"Arus lalin dialihkan ke Jalan TB Simatupang Pasar Rebo," ujarnya.

Sejumlah ruas jalan di Kecamatan Cipayung yang terendam banjir di antaranya Jalan Raya Hankam arah Polsek Cipayung setinggi 30 cm.

"Masih bisa dilewati kendaraan begitu pula di Jalan Molek Pondok Gede setinggi 40 cm yang Masih bisa dilewati kendaraan," katanya.

Riky mengatakan lima ruas jalan di Kecamatan Jatinegara juga dilaporkan terendam banjir di antaranya di Jalan DI Pandjaitan setinggi 25 cm yang masih bisa dilalui kendaraan.

"Jalan Jatinegara Barat Raya setinggi 50 cm masih bisa dilalui kendaraan, Jalan Pasar Lama 40 cm masih bisa dilalu kendaraan, Jalan Pintu Pasar Barat 15 cm bisa dilalui kendaraan dan di Gang Thai 70 cm tidak bisa dilalui kendaraan," katanya.

Riky menambahkan penyebab banjir yang merendam jalan di Jatinegara terjadi akibat debit Sungai Ciliwung yang mengalami peningkatan.

Ruas jalan di Duren Sawit yang terendam di antaranya Jl. Taman Malaka kedalaman 1 meter, Jl Pendidikan Raya 1 meter, Jl Kolonel Sugiono sebrang POM bensin setinggi 1 meter, Jl Buaran Raya (Donkun Donut's-Sekolah St. Agustinus) 15 cm, Jl. Radin Inten (Depan Steam) 15 cm dan Jl Nusa Indah (sebetis orang dewasa).

Kecamatan Pulogadung meliputi Jl Pemuda depan Arion (± 30 cm), Jl. Kayu Putih Raya (60 cm), Jl Perintis Kemerdekaan (± 50-60 cm), Jl Ahmad Yani Waduk ria Rio (± 50-60 cm), Bea Cukai (± 40 cm).

Kecamatan Cakung meliputi Jl Raya Bekasi depan Lulu hypermart (± 30 cm), Jl Raya Bekasi Depan Kantor Kecamatan Cakung (± 20 cm).

Kecamatan Makasar di antaranya Jalan Pusdiklat Depnaker Depan Masjid Suprapto (± 40 Cm).

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020