Sejumlah titik Tol Japek terendam karena hujan deras

id genangan air,terendam air,Jalan Tol Japek

Sejumlah titik Tol Japek terendam karena hujan deras

Genangan air hampir selutut orang dewasa di ruas Jalan Tol Japek, Selasa (25/2/2020). (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Bekasi (ANTARA) - Sejumlah titik di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau Japek terendam usai diguyur hujan deras dan pengendara diimbau menggunakan jalur alternatif.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Dwimawan Heru, Selasa, mengatakan berdasarkan catatan Jasa Marga tol yang terendam banjir berada di enam titik, baik arah Jakarta maupun Cikampek.

"Arah Cikampek di kilometer 08 terdapat di seluruh lajur, namun masih dilintasi seluruh jenis kendaraan. Pengguna jalan diimbau berhati-hati," katanya.

Genangan air serupa terlihat di kilometer 19 dan 34 arah Cikampek, namun juga masih bisa dilintasi seluruh jenis kendaraan.

Baca juga: Operator: Sebagian Tol Jakarta-Cikampek bisa dilalui kendaraan

Baca juga: Motor diperbolehkan masuk di tiga ruas tol hindari banjir

Baca juga: Waspada, 12 lintasan tol Jasa Marga terendam banjir


Sementara untuk arah Jakarta, titik yang terendam berada di kilometer 34 namun masih dapat dilintasi seluruh lajurnya sedangkan di kilometer 19 terdapat genangan sehingga pengguna jalan hanya dapat melintasi dengan menggunakan lajur tiga dan lajur empat.

Genangan serupa juga terdapat di kilometer 08 Jatibening. Genangan terdapat di seluruh lajur dan hanya dapat dilintasi kendaraan besar. Pengguna jalan dengan kendaraan kecil dari arah Cikunir/Bekasi arah Jakarta diimbau untuk mengambil jalur alternatif lainnya seperti Jalan Tol JORR.

Kemudian genangan pun terdapat di beberapa ruas tol lainnya yakni Tol Jagorawi kilometer 3+800, Tol JORR non S kilometer 44+700 arah Rorotan dan Gerbang Tol Cikunir 4 arah Jatiasih ditutup sementara karena terdapat genangan dan arus dialihkan menuju Kalimalang.

Gerbang tol lainnya yang turut ditutup akibat banjir, yakni Bekasi Barat 2 dan Pondok Gede Timur.

"Untuk memastikan kondisi jalan tetap aman bagi pengguna jalan, saat ini petugas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek tengah menyiagakan rambu serta penempatan petugas sebelum lokasi genangan air agar pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan mengantisipasi genangan air," kata Dwimawan.*

Baca juga: BMKG perkirakan hujan lebat guyur Jakarta Senin malam

Baca juga: Pemotor terjebak di jalan tol akibat arteri banjir

Baca juga: Banjir Jalan Underpass Tol Cawang sisakan lumpur

Pewarta : Pradita Kurniawan Syah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar