Tim SAR evakuasi tiga korban selamat kecelakaan sungai Wafor Supiori

id berita

Personel pos SAR Supiori bersama tiga warga selamat korban kecelakaan berburu di Sungai Wafor, Kamis (27/2/2020) ANTARA/HO-Kantor SAR Biak

Jayapura (ANTARA) - Tim pos SAR pada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) mengevakuasi tiga warga Kabupaten Biak Numfor, Papua yang mengalami kecelakaan kondisi membahayakan manusia di muara Sungai Wafor, Kamis.

"Ke tiga warga Supiori sudah ditemukan dan telah dievakuasi personil tim Pos SAR dalam keadaan selamat yakni Roby Awarosea (35), Fajar Niber (26) dan Ian Niber (29)," ungkap Kepala Kantor SAR Biak Melkianus Kotta dalam keterangan tertulis, Kamis.

Baca juga: SAR Supiori temukan tiga warga hilang di hutan bakau

Melkianus menyebut, tiga warga Supiori yang mengalami kecelakaan membahayakan jiwa manusia sedang berburu di kawasan muara Sungai Wafor pada Rabu (26/2) pukul 14.00 WIT hingga tengah malam.

Keluarga korban Efradus Binur yang melaporkan ke pos SAR Supiori tentang tiga orang hilang, menurut Melkianus Kotta telah ditindaklanjuti dengan melakukan pencarian dan pertolongan di lokasi Sungai Wafor.

Baca juga: Tiga korban kapal di Perairan Numfor masih dicari tim SAR Biak-Numfor

"Upaya pencarian dilakukan tim Pos SAR Supiori akhirnya dapat menemukan ketiga korban dan langsung dievakuasi ke darat untuk diberikan pertolongan," katanya.

Melkianus menyebut dengan telah ditemukan tiga korban yang mengalami kecelakaan di Sungai Wafor Kabupaten Supiori maka operasi Pos SAR Supiori dinyatakan ditutup sesuai standar prosedur operasi Basarnas.

Baca juga: Evakuasi tiga nelayan di Pulau Mengge, Sarmi dilakukan tim SAR

"Kepada semua personel Pos SAR Supiori, Polres Supiori, keluarga korban yang sudah mengevakuasi tiga warga, saya sampaikan terima kasih karena telah membantu menyelamatkan jiwa manusia karena kecelakaan di Sungai Wafor," katanya.

Fasilitas yang dipakai untuk membantu evakuasi tiga korban di Sungai Wafor, menurut Melkianus di antaranya rescue truk, alat komunikasi, fasilitas pendukung, SAR alat medis kesehatan.

"Proses evakuasi tiga korban berjalan lancar hingga dikembalikan kepada keluarga bersangkutan di Kabupaten Supiori," ungkap Melkianus Kotta.

Kabupaten Supiori merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten induk Biak Numfor dengan wilayah geografis sebagai daerah kepulauan berada di kawasan terluar, terdepan dan tertinggal (3T).
 

Pewarta : Muhsidin
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar