Lantamal VI siapkan transplantasi penanaman terumbu karang

id Lantamal Vi, terumbu karang, Pulau Kodingareng

Lantamal VI siapkan transplantasi penanaman terumbu karang

Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar  Andry Indryasworo Sukmoputro  hadir di lokasi untuk melakukan peninjauan di Mako Lantamal Vi, Makassar, Kamis (27/2/2020). ANTARA Foto/HO/Lantamal VI

Makassar (ANTARA) - Lantamal VI siapkan transplantasi penanaman terumbu karang di dasar laut di sekitar kawasan Pulau Kodingareng yang akan menjadi laboratorium nasional bahkan internasional.

"Lantamal menyiapkan transplantasi penanaman terumbu karang di dasar laut di sekitar kawasan Pulau Kodingareng, Makassar untuk mendukung program "Garuda di Laut Ku", kata Wadan Lantamal VI Makassar Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki di Makassar, Kamis.

Baca juga: Ribuan pohon ditanam di Pulau Kodingareng lewat "Garuda di Lautku"

Pada kesempatan itu, Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar Andry Indryasworo Sukmoputro hadir di lokasi untuk melakukan peninjauan..

Dia mengatakan, kehadiran kepala BPSPL itu sekaligus membahas jenis-jenis terumbu karang yang cocok untuk ditanam dan bagaimana cara penanaman terumbu karang yang benar pada modul media transplantasi yang terbuat dari besi.

Sementara itu, Kepala BPSPL Makassar Andry Indryasworo Sukmoputro mengatakan, pihaknya meninjau modul yang akan dijadikan media transplantasi Penanaman Terumbu Karang Kebangsaan "Garuda di Laut Ku" pada 2020 bertempat di Lapangan Arafuru Mako Lantamal VI.

"Transplantasi merupakan suatu cara efektif untuk menumbuhkan terumbu karang, meski butuh waktu yang lama. Pemilihan lokasi, jenis terumbu karang yang ditransplantasi, kesiapan tim Garuda di Lautku mengelola dan kualitas perairan, merupakan kunci keberhasilan transplantasi karang," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPSPL menjelaskan acara pengikatan terumbu karang anakan di media transplantasi yang benar. Pengikatan dilakukan dengan menempelkan terumbu karang di bagian pipa atau media transplantasi.

Untuk mengikatnya, lanjut dia, ikatan yang bagus dengan menggunakan kabel tip plastik berwarna putih, setelah semua media transplantasi telah diikat dengan terumbu karang yang ingin ditumbuhkan, maka media transplantasi tersebut dibiarkan dalam perairan laut selama lebih kurang 3-6 bulan agar terumbu karang anakan tersebut dapat tumbuh.

Baca juga: Dua KRI Dewaruci-Bima Suci sukseskan "Garuda di Lautku"
 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar