KBPP Polri ajak seluruh komponen bangsa jaga NKRI

id KBPP Polri, ajak, jaga NKRI, HUT Ke-17

KBPP Polri ajak seluruh komponen bangsa jaga NKRI

KBPP Polri saat emperingati HUT Ke-17, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (1/3/2020). (Ist)

Jakarta (ANTARA) - Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Sebagai ormas pemuda, KBPP Polri beserta ormas-ormas lainnya siap untuk menjaga NKRI seperti para pahlawan terdahulu," kata Ketua Umum KBPP Polri AH Bimo Suryono saat memperingati HUT Ke-17 KBPP Polri di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu, seperti dikutip dalam siaran persnya.

Baca juga: Jokowi tegaskan kedaulatan NKRI harga mati

Digelarnya peringatan HUT Ke-17 KBPP Polri di TMP Kalibata itu, lanjut dia, sebagai bentuk kesadaran dan penghormatan bagi para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan NKRI.

"Usia 17 tahun merupakan usia remaja, lagi matang-matangnya, lagi cakep-cakepnya. Namun, diharapkan tidak tidak salah asuh, karena ini usia pancaroba. Untuk itu perlu bimbingan dari Polri," ujar Bimo.

Baca juga: MPR: haluan negara perkuat eksistensi NKRI

Sementara itu, perwakilan dari Polri, Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Risyapudin Nursin, yang menjadi Inspektur Upacara meminta KBPP Polri dan elemen ormas lainnya untuk menyukseskan Pilkada serentak 2020.

"Mudah-mudahan KBPP Polri dan ormas lainnya yang miliki cabang di daerah bisa berperan aktif menciptakan situasi kondusif," katanya.

Baca juga: Panglima TNI sebut sinergitas TNI-Polri untuk menjaga NKRI

Menyinggung HUT KBPP Polri, Nursin menyebut usia 17 tahun merupakan usia yang labil.

"Yang penting NKRI harga mati, Pancasila abadi, dan Bhinneka Tunggal Ika tetap terjaga," ujarnya.

Baca juga: MUI: ISIS tidak boleh bergabung dengan NKRI

Dalam kesempatan itu, Nusrin menyinggung soal virus corona atau COVID-19 yang tengah dihadapi Indonesia karena bila virus itu terus menyebar dapat mempengaruhi perekonomian Indonesia. Bahkan, saat ini sudah berpengaruhi bagi umat Muslim yang ingin ibadah umrah.

"Ini cobaan terberat bagi kita. Fenomena global tantangan kita semua. Ini akan mempengaruhi situasi regional dan global untuk kita semua. Penting waspada dipakai untuk kepentingan aktor-aktor. Harus dihadapi dengan arif," kata Nursin.

Dalam prosesi HUT Ke-17 KBPP Polri menggelar tabur bunga di makam pahlawan.

Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar