Jakarta (ANTARA) - Arab Saudi memberlakukan larangan umrah hingga 13 Maret 2020 hingga Smelter Freeport di Gresik ditargetkan beroperasi 2023. Berikut lima berita ekonomi kemarin yang masih layak Anda simak:

1. Arab Saudi berlakukan larangan umrah hingga 13 Maret 2020

Pemerintah Arab Saudi memberlakukan larangan sementara bagi masyarakat yang ingin melakukan ibadah umrah di Mekkah dan Madinah mulai 26 Februari 2020 hingga 13 Maret 2020.

"Pelarangan itu tertera di dalam surat edaran yang dikirim Arab Saudi kepada seluruh biro travel umrah di seluruh dunia," kata Direktur Utama Ramanda Tour Travel Tanjungpinang, Kepri, Dedi Sanjaya di Tanjungpinang.

Simak berita lengkapnya di sini


2. Menhub jelaskan Bandara Kertajati jadi pintu ABK Diamond Princess

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan alasan dipilihnya Bandara Kertajati, Jawa Barat sebagai tempat untuk mendaratnya pesawat Garuda Indonesia yang memulangkan 69 WNI yang menjadi Anak Buah Kapal Diamond Princess dari Yokohama, Jepang karena memiliki pergerakan pesawat yang belum terlalu banyak.

"Lalu lintas pesawat di sini paling sedikit, jadi sangat memungkinkan untuk dilakukannya pendaratan di sini. Kemudian, penerbangan terakhir di Bandara Kertajati yaitu jam 9 malam, sementara pendaratan pesawat Garuda yang membawa 69 WNI sekitar pukul 23.00 WIB,” jelas Menhub dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

3. Garuda Indonesia Group mulai berlakukan insentif tiket pesawat

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia dan anak perusahaannya, Citilink, mulai Minggu (1/3), memberlakukan potongan harga pada sejumlah rute yaitu dari dan ke Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Toba (Silangit), Tanjung Pandan dan Tanjung Pinang.

Pemberlakuan potongan harga ini merupakan tindak lanjut kebijakan pemberian insentif dari pemerintah untuk menurunkan tarif penerbangan ke 10 destinasi wisata.

Simak berita lengkapnya di sini

4. KKP: Model klaster percepat optimalisasi budidaya perikanan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengembangkan model budidaya perikanan berbasis klaster dalam rangka mempercepat optimalisasi sektor budidaya perikanan yang saat ini baru sekitar 10 persen tergarap di Tanah Air.

"Model pendekatan pengembangan budidaya berbasis klaster akan didorong untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas dan nilai tambah yang lebih besar. Komoditas udang akan fokus kita dorong untuk meraup devisa ekspor," kata Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto dalam rilis di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

5. Smelter Freeport di Gresik ditargetkan beroperasi 2023

Pembangunan smelter atau pemurnian tambang mineral PT Freeport Indonesia (PTFI) di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, ditargetkan akan beroperasi pada 2023.

"PT Freeport Indonesia mengebut persiapan konstruksi proyek fasilitas pemurnian dan pengolahan (smelter) tambang di Gresik, Jawa Timur. Smelter yang beroperasi pada 2023 menjadi tempat pengolahan tembaga terbesar di dunia," ungkap Vice Presiden Corporate Communication PT Freeport Indonesia Riza Pratama dihubungi di Jayapura, Papua.

Simak berita lengkapnya di sini

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020