Wali Kota Tangerang apresiasi penataan 1.400 meter bantaran Cisadane

id kampung tematik

Wali Kota Tangerang apresiasi penataan 1.400 meter bantaran Cisadane

Wali Kota Arief R. Wismansyah meresmikan Taman Kreatif Bantaran Sungai, hasil upaya masyarakat mengubah lingkungan menjadi lebih nyaman. ANTARA/Irfan

Tangerang (ANTARA) - Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah memberikan apresiasi kepada masyarakat Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda karena melakukan penataan bantaran anak Sungai Cisadane sepanjang 1.400 meter dan membuat Taman Kreatif Bantaran Sungai.

"Mudah-mudahan ke depannya bukan cuman di bantaran sungainya aja ditata rapih, tapi sampai ke depan rumah warga dibikin penghijauan," ujarnya dalam keterangan resmi di Tangerang, Senin.

Ia mengharapkan kesadaran masyarakat Kota Tangerang untuk tidak membuang sampah ke sungai karena sungai menjadi salah satu sumber kebutuhan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

"Kesadaran itu dimulai dari diri sendiri dan ingatkan lingkungan sekitar, kalau sungai bersih dan bebas sampah yang enak kan bapak ibu juga," ucapnya.

Baca juga: Kota Bogor akan kembangkan kampung tematik Ciharashas

Camat Benda Ayi Maryadin menjelaskan Taman Kreatif Bantaran Sungai dijadikan kegiatan perlombaan yang diikuti 36 kelompok terdiri atas elemen masyarakat se-Kecamatan Benda.

"Dengan adanya taman kreatif semoga menjadi destinasi wisata yang baru bagi warga Kota Tangerang, karena di setiap taman kita buat instagramable," ujarnya.

Pemerintah Kota Tangerang mendorong partisipasi masyarakat dalam penataan lingkungan, salah satunya membuat taman dan kampung tematik.

Beberapa lokasi yang sudah berhasil ditata, dapat menjadi contoh bagi masyarakat untuk melakukan hal yang sama dan melalui inovasi, misalnya, Kampung Bekelir, Kampung Hidroponik, Kampung Batik, Kampung Markisa, Kampung KITA, dan Kampung Taubat.

Penataan bantaran Sungai Cisadane yang telah dilakukan pemkot adalah membuat taman nobar, "flying deck", taman pasar jajanan, dan ruang bermain anak yang aman serta ramah anak.

Baca juga: Karawaci siapkan Kampung Rempah-rempah
Baca juga: Sungai Amprong, wisata "kampung tematik" baru di Kota Malang

Pewarta : Achmad Irfan
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar