Harus ada upaya itu, Pemkab Garut harus menyediakan sabun cuci tangan di tempat umum yang bisa menjadi salah satu upaya pencegah penyebaran CIVID-19 yang saat ini terjadi
Garut (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Garut Enan mengusulkan agar pemerintah daerah (pemda) harus menyediakan tempat cuci tangan seperti sabun antiseptik umum yang tersedia di setiap kantor maupun keramaian masyarakat untuk mencegah penularan penyakit seperti halnya virus COVID-19.

"Harus ada upaya itu, Pemkab Garut harus menyediakan sabun cuci tangan di tempat umum yang bisa menjadi salah satu upaya pencegah penyebaran CIVID-19 yang saat ini terjadi," kata Enan di Kabupaten Garut, Selasa.

Ia mengatakan bahwa wabah virus COVID-19 harus menjadi perhatian bagi setiap lapisan masyarakat, terutama pemerintah dalam upaya pencegahan agar tidak terus meluas.

Upaya yang perlu dilakukan, kata dia, tentunya seperti menjaga lingkungan tetap bersih dan menerapkan pola hidup sehat agar penyebaran bakteri termasuk virus COVID-19 tidak menular dan meluas.

"Antisipasinya bisa memakai masker maupun selalu mencuci tangan untuk menjaga kebersihan diri," kata politkus Partai Gerindra Kabupaten Garut itu.

Ia berharap Pemkab Garut dapat mengantisipasi penyebaran penyakit dengan menyediakan tempat cuci tangan sabun antiseptik di berbagai tempat sehingga masyarakat tetap merasa nyaman dan bersih.

Menurut dia, tempat cuci tangan untuk umum itu perlu disediakan karena Garut merupakan daerah wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah termasuk luar negeri.

"Sebagai daerah wisata saya kira harus ada upaya itu," katanya.

Baca juga: Rujukan penanganan corona di Priangan Timur ditetapkan di RSUD Garut

Baca juga: Yuk cuci tangan untuk hindari risiko virus corona

Menurut Enan sebelum kantor instansi lain dan tempat umum, terlebih dahulu tempat cuci tangan sabun antiseptik akan disediakan di lingkungan kantor DPRD Garut.

Ia berharap cara yang dilakukan oleh Sekretariat DPRD Garut dapat menjadi contoh bagi instansi kantor pemerintah, swasta maupun tempat umum lainnya.

"Pemda perlu antisipasi, selain menyediakan masker, sediakan tempat cuci tangan," demikian Enan.

Baca juga: Kepala Lembaga Eijkman: Cuci tangan cara utama cegah penularan corona

Baca juga: Ancaman corona harus dorong warga Garut sadar kesehatan, sebut wabup

Baca juga: Cegah virus, pakar ingatkan penjual makanan segar sering cuci tangan

Baca juga: Anies: Pembersihan tangan cegah Corona oleh air mengalir lebih efektif

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020