Jakarta (ANTARA) - Tim balap sepeda Kazakhstan Astana pada Kamis mengumumkan bahwa pihaknya tidak akan ambil bagian pada balapan sampai 20 Maret akibat kecemasan yang ditimbulkan virus corona.

Dengan keputusan tersebut, Astana dipastikan absen pada balapan Paris-Nice dan dua ajang lain di Italia.

Astana menjadi tim ketiga yang mengundurkan diri dari Paris-Nice, setelah sebelumnya Mitchelton dan Ineos juga mengatakan mereka tidak akan mengikuti balapan yang akan dimulai pada Minggu (8/3) tersebut.

Manajer umum Astana Alexandr Vinokurov mengatakan kesehatan dan keselamatan timnya menjadi pertimbangan utama.

"Kami harus memilih untuk melindungi kesehatan para pebalap dan staf kami, dan bertanggung jawab kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan virus," ucapnya seperti dikutip AFP.

"Tentu saja, kami akan memilih untuk berpartisipasi pada balapan-balapan mendatang, namun untuk saat ini, keselamatan adalah yang utama. Kami masih memiliki musim yang panjang ke depannya dengan balapan-balapan penting," tambahnya.

"Ini bukan keputusan mudah, namun kami harus melindungi keluarga balap sepeda serta keluarga kami di rumah."

Tim balap sepeda lainnya, AG2R La Mondiale Team yang berasal dari Prancis, mengatakan tidak akan ambil bagian pada balapan di Italia, termasuk balapan Milan-San Remo pada 21 Maret. Keputusan itu juga diambil terkait penyebaran kasus corona.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2020