Kemenkominfo bangun fasilitas telekomunikasi jelang KTT G-20

id kemenkominfo

Kemenkominfo bangun fasilitas telekomunikasi jelang KTT G-20

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef A Nae Soi (ketiga dari kiri) ketika menghadiri kegiatan Rapat Kerja Kemenkominfo di Labuan Bajo, Rabu (5/3/2020). (Antara/HO-Humas dan Protokol Setda Nusa Tenggara Timur)

Kupang (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef A. Nae Soi mengapresiasi terhadap Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang telah membangun berbagai fasilitas telekomunikasi dalam menghadapi KTT G-20 dan ASEAN Summit pada 2023.

"Kominfo memberikan peranan yang penting bagi kemajuan dunia informatika pada saat ini terlebih kita di Nusa Tenggara Timur terutama dalam menghadapi KTT G-20," kata Wagub Josef A Nae Soi ketika dihubungi,Jumat, terkait pelaksanaan Rapat Kerja Kemenkominfo yang berlangsung di Labuan Bajo.

Ia mengatakan, dukungan Kemenkominfo RI terhadap pembangunan infrastruktur komunikasi di NTT sangat besar untuk mendukung pembangunan destinasi pariwisata super prioritas seperti di Labuan Bajo termasuk dalam menghadapi dua pertemuan berskala internasional pada 2023.

Baca juga: Tanah Naga Mori di NTT ditetapkan jadi lokasi utama KTT G-20

Menurut dia, langkah cepat dilakukan Kemenkominfo dalam menghadapi KTT G-20 dan ASEAN Summet pada 2023 dengan mengelar rapat kerja di Labuan Bajo merupakan hal yang sangat strategis dalam menghadapi dua pertemuan internasional itu.

"Ketersediaan fasilitas telekomunikasi yang memadai sangatlah penting dalam menghadapi persiapan KTT G-20. Kami yakin Kemenkominfo sudah melakukan antisipasi terhadap hal itu," tegas Wagub Josef A Nae Soi.

Selain fasilitas komunikasi kata mantan anggota DPR-RI dari Partai Golongan Karya (Golkar) itu, pemerintah NTT terus melakukan persiapan pembangunan infrastruktur dalam menghadapi KTT G-20 tahun 2023 seperti infrastruktur jalan, air, listrik dan sanitasi.

Baca juga: Kawasan TNK akan ditawarkan kepada peserta KTT G-20

Menurut Wagub, pemerintah telah memilih tempat yang luar biasa di Tana Mori seperti Nusa Dua Bali sebagai lokasi kegiatan pertemuan KTT G-20.

Wagub Nae Soi juga berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah menetapkan Labuan Bajo - Manggarai Barat di NTT sebagai tempat diselenggarakannya KTT G-20 dan ASEAN Summet 2023.

“Ini sangat luar biasa. Ini satu kegiatan internasional dan 20 Kepala Negara di dunia akan datang kesini. Bayangkan Negara Rusia, China, USA akan bangun hotel sendiri, sehingga tentu ketersediaan fasilitas telekomunikasi harus tersedia dengan baik," tegas.

Menurut dia, masyarakat Manggarai barat harus mempersiapkan diri secara baik sehingga merasakan manfaat adanya KTT G-20 dan ASEAN Summit pada 2023.

Selain itu menurut dia, Kemenkominfo juga memiliki peran dalam pembangunan fasilitas telekomunikasi di daerah-daerah pedalaman di NTT, sehingga masyarakat mendapatkan layanan telekomunikasi dengan mudah. 
 

Pewarta : Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar