Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur mengungkapkan, sumber api yang berkobar di kolong jalan layang depan Lapas Cipinang, Minggu sore, berasal dari tumpukan kayu, bukan dari kabel yang terbakar.

"Sumber api berasal dari tumpukan kayu bekas proyek yang terbakar di kolong jalan layang," kata Kepala Seksi Operasional Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman di Jakarta.

Pernyataan itu sekaligus meluruskan informasi sebelumnya yang menyebutkan bahwa api berasal dari kabel utilitas yang terbakar.

Hasil penelusuran petugas evakuasi di lapangan melaporkan telah terjadi pemanasan di dalam tumpukan kayu yang mengakibatkan terjadinya api.

Baca juga: Terjadi kebakaran di kolong jalan layang depan Lapas Cipinang
Baca juga: Sebuah mobil terperosok di TMII


Kobaran api dilaporkan tidak menjalar hingga ke Jalan I Gusti Ngurah Rai. Upaya pemadaman api dilakukan oleh delapan unit tim evakuasi berikut sejumlah armada pompa pemadam api.

Sejak peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, petugas baru bisa memadamkan api tepat pukul 19.38 WIB. Sejumlah petugas pemadam menjebol beberapa dinding jalan layang agar bisa dijangkau oleh selang air.

Tidak dilaporkan adanya korban luka atau jiwa dalam insiden ini. Lalu lintas kendaraan telah berangsur normal.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020