Washington,  (ANTARA News) - Pemimpin mayoritas anggota Senat AS Harry Reid, Selasa mengatakan, Senat kemungkinan menyetujui peluncuran paket bailout kedua sebesar 350 miliar dolar AS pada pekan ini.

"Saya kira  kami akan meraih suara yang diperlukan," kata Reid kepada para reporter  seperti dikutip AFP, dan menambahkan bahwa ia merasakan "sangat yakin" tentang prospek lolosnya rancangan undang-undang tersebut.

Senator terkemuka dari Partai Demokrat tersebut menambahkan bahwa sebuah pemungutan suara (voting) kemungkinan akan dilakukan "suatu waktu Kamis" seraya mengatakan resolusi akan diselenggarakan sebelum hari Minggu.

Presiden terpilih Barack Obama telah meminta Presiden George W. Bush agar para pembuat undang-undang tidak menahan paruh kedua dari paket bailout besar-besaran Wall Street 700 miliar dolar AS yang telah disetujui pada Oktober.

Obama merancang untuk menggunakan dana untuk mencoba menstimulus ekonomi AS dan mengendurkan tekanan kredit dengan mendorong investasi dan belanja. Beberapa tindakan juga dirancang untuk menahan jumlah penyitaan.

Tetapi beberapa anggota senat menyuarakan kekhawatirannya.

"Apakah yang kami perlukan sungguh-sungguh adalah sesuatu dengan lebih detil, yang dapat kami benarkan membuat keputusan tentang bagaimana uang pergi dibelanjakan," kata senator Demokrat Ben Nelson.

 "Mereka berbicara tentang kondisi, tetapi saya tidak tahu apakah kondisinya."(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009